Home / Berita / Pertanian / RUTAN BATANG SIAP TAMPUNG SAMPAH ORGANIK UNTUK PEMBUATAN PUPUK

Berita

Rutan Batang Siap Tampung Sampah Organik untuk Pembuatan Pupuk

Batang - Untuk menunjang ketahanan pangan dan memberdayakan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rutan Kelas IIB Batang berupaya mengubah lahan “tidur” menjadi lahan produktif.

Batang - Untuk menunjang ketahanan pangan dan memberdayakan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rutan Kelas IIB Batang berupaya mengubah lahan “tidur” menjadi lahan produktif.

Salah satu bahan utama untuk mempercepat pertumbuhan aneka tanaman sayuran adalah pupuk alami yang terbuat dari daun. Namun karena sangat terbatasnya dedaunan, maka pihak Rutan mengharapkan perhatian warga Batang untuk mengirimkan sampah daun yang tak terpakai.

“Untuk kebutuhan pembuatan pupuk memang kami sangat kekurangan banyak daun. Jadi barangkali dari masyarakat ataupun instansi lain yang sedang menebang pohon, kalau tidak ada tempat pembuangan, mohon menghubungi kami,” kata Rindra Wardhana di Kawasan Kebun Rutan Kelas IIB Kabupaten Batang, Rabu (22/4/2020).

Tiap harinya berapa pun bahan atau daun yang ada selalu diupayakan untuk diproses menjadi pupuk, untuk difermentasi dan selanjutnya dapat menyuburkan beragam tanaman sayuran.

Salah seorang WBP yang rutin membuat pupuk, Muhammad membenarkan bahwa kebun Rutan Batang mengalami kekurangan daun sebagai bahan utama pembatan pupuk alami.

“Sekali menggiling membutuhkan hingga 100 kilogram sampah daun, namun sampai sekarang masih kekurangan. Jadi kami butuh banyak apabila ada masyarakat yang memiliki sampah daun bisa dikirimkan sehingga akan lebih bermanfaat,” pintanya.

Beberapa jenis tanaman yang ada di kebun Rutan Batang di antaranya pohon sengon bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batang, pepaya dan pisang. Untuk sayuran yaitu cabai, kangkung, kacang panjang, terong, tomat. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)