Home / Berita / Pemerintahan / PEMKAB BATANG SIAPKAN LANGKAH KONTIJENSI PANDEMI COVID-19

Berita

Pemkab Batang Siapkan Langkah Kontijensi Pandemi Covid-19

Batang - Bupati Batang Wihaji mengapresiasi kinerja pihak Kodim dan Polres Batang, yang telah melakukan rencana langkah kontijensi pandemi Covid-19.

Batang - Bupati Batang Wihaji mengapresiasi kinerja pihak Kodim dan Polres Batang, yang telah melakukan rencana langkah kontijensi pandemi Covid-19.

"Saya ucapkan banyak terima kasih kepada TNI dan Polri yang selalu didepan dalam gugus tugas penanganan Covid-19 di Kabupaten Batang," kata Bupati Batang Wihaji saat memberikan sambutan rapat Kordinasi rencana kontijensi penanganan virus Corona (Covid-19), di Ruang Rupatama Polres Kabupaten Batang,  Senin (20/4/2020).

Ia juga berencana membuat tim relawan ditingkat desa yang bertujuan untuk membantu kinerja kita dan mempercepat penanganan, jika terjadi permasalahan ditingkat desa.

"Tim relawan ditingkat desa, dengan maksud untuk pemetaan permasalahan, sehingga mempercepat dan membantu kinerja kita," jelasnya. 

Sementara, Kapolres Batang AKBP Abdul Waras mengatakan, sesuai perkembangan korban Covid-19 setiap hari terus bertambah. Maka kita harus menyiapkan langkah-langkah kontijensi menyikapi perkembangan penyebaran virus Covid-19.

"Kita harus siap walaupun tidak dibutuhkan. Rencana langkah kontijensi harus dipersiapkan untuk mencegah atau menanggulangi secara lebih baik dalam situasi kritis atau darurat," terangnya.

Ia juga mengatakan harus ada skenario, tujuan, tindakan teknis, dan manajerial, serta pengerahan potensi sumber daya. 

Dalam kesempatan yang sama, Kapten Inf Rusmono anggota Kodim 0736 Batang menyatakan kesiapan mendukung pelaksanaan rencana kontijensi.

"Anggota Kodim 0736 Batang selalu siap mendukung pelaksanaan tugas pencegahan penyebaran virus Covid-19, Semoga dengan kebersamaan dalam penanganan virus ini cepat selesai," ungkapnya. 

Sementara, Kabag ops AKP Asfauri menjelaskan, melihat situasi saat ini belum saatnya untuk melaksanakan langkah kontijensi, akan tetapi lebih baik menyiapkan langkah kontijensi terlebih dahulu dan jangan menunggu perubahan situasi.

"Dari Polri sudah merencanakan beberapa langkah seperti, sudah membagi 4 rayon dan setiap rayonnya diperkuat personil Polres Batang, Brimob, TNI dan dilengkapi dengan tenaga medis," pungkasnya.

Ia pun menambahkan stok bahan pokok di Wilayah Kabupaten  Batang masih dalam kondisi aman tidak mengalami kelangkaan. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi).