Home / Berita / Kesehatan / MES PERSIBAT BATANG DISIAPKAN SEBAGAI RUMAH SAKIT DARURAT COVID-19

Berita

Mes Persibat Batang Disiapkan sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19

Batang - Bupati Batang Wihaji terus berupaya melakukan langkah-langkah skenario darurat dalam penangangan wabah virus Covid-19.

Batang - Bupati Batang Wihaji terus berupaya melakukan langkah-langkah skenario darurat dalam penangangan wabah virus Covid-19.

Salah satunya adalah menyiapkan Rumah Sakit darurat sebagai tempat isolasi untuk pasien Covid-19. Tempat isolasi tersebut rencananya menggunakan mes Persatuan Sepak Bola Batang (Persibat) yang berada di Jl. Letjend Suprapto, Kabupaten Batang.

"Mes Persibat kita survey yang nantinya sebagai salah satu tempat isolasi Pasien Dalam Pengawasan (PDP), seandainya ada kejadian luar biasa Covid-19," kata Bupati Batang Wihaji saat survey mes Persibat, Kamis (26/3/2020).

Fasilitas mes cukup komplit, dari kamar mandi dan ruangannya menggunakan AC, gedung mes Persibat mampu menampung minimal 24 pasien dengan 12 kamar.

"Dinas Kesehatan Batang masih menghitung kebutuhan para medisnya, alat pelindung diri, kita juga rencananya membuka pendaftaran  relawan bagi perawat dan bidan untuk ditugaskan di Rumah Sakit Darurat, karena tidak mungkin mengambil petugas dari Puskesmas dan Rumah Sakit," jelasnya.

Penyiapan tempat isolasi tersebut, juga telah mendapatkan support dari DPRD Batang, sehingga diharapakan nantinya mendapat supporting anggaran, karena kebutuhannya tidak sedikit.

Ia juga menjelaskan, untuk sampai saat ini perkembangan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada 51 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 6 orang, tiga di RSUD Kalisari Batang dan tiga di Rumah Sakit QIM.

"Darai enam orang PDP berasal dari Kecamatan Limpung, Subah dan Tulis," tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Batang Wahyu Budi Santoso menjelaskan, Mes Persibat merupakan fasilitas Pemkab Batang yang dipinjam oleh PT Persibat. Karena belum bergulirnya musim pertandingan, sehingga keberadaan mes di gunakan oleh Pemkab.

"Anjuran Pemerintah pusat agar pemerintah daerah harus menyiapkan sarana prasarana untuk langkah-langkah darurat untuk isolasi, karena mes Persibat fasilitasnya representative, maka akan digunakan sebagai Rumah Sakit darurat," terangnya. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)