Home / Berita / Sosial / FASILITAS VIDEO CALL MUDAHKAN KOMUNIKASI WBP RUTAN BATANG

Berita

Fasilitas Video Call Mudahkan Komunikasi WBP Rutan Batang

Batang - Rutan Kelas IIB Batang mulai hari ini melaksanakan lockdown pelaksanaan layanan kunjungan keluarga bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Hal itu berkaitan dengan mewabahnya Covid-19 di masyarakat, sebagai upaya pencegahan dan memberikan perlindungan kepada para WBP.

Batang - Rutan Kelas IIB Batang mulai hari ini melaksanakan lockdown pelaksanaan layanan kunjungan keluarga bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Hal itu berkaitan dengan mewabahnya Covid-19 di masyarakat, sebagai upaya pencegahan dan memberikan perlindungan kepada para WBP.

Mulai hari ini Rutan Batang telah meniadakan pelaksanaan layanan kunjungan keluarga bagi WBP sampai dengan tanggal 31 Maret 2020 dan rencana akan dibuka kembali pada tanggal 01 April 2020 atau melihat perkembangan situasi. 

Sebagai inovasi baru dalam memenuhi layanan kunjungan, Rutan Batang membuka layanan kunjungan berbasis teknologi informasi dengan metode video call yang bisa digunakan oleh WBP untuk bertatap muka dan komunikasi dengan anggota keluarganya melalui aplikasi WhatsApp.

“Dalam menyiasati peniadaan sementara layanan kunjungan keluarga bagi WBP, kami mengambil langkah progresif dengan tetap melaksanakan pemenuhan layanan kepada mereka. Salah satunya kami menggunakan layanan kunjungan dengan metode video call melalui aplikasi WhatsApp,” kata Kepala Rutan Rindra Wardhana saat ditemui di Kantor Rutan Kelas IIB Kabupaten Batang, Kamis (19/3/2020).

Langkah ini dianggap sangat tepat sebagai sarana WBP agar dapat berkomunikasi dan bertatap muka dengan anggota keluarganya melalui media elektronik yang disediakan di Wartelsus Rutan.

“Kami menyiapkan tiga unit perangkat alat video call untuk WBP. Jadi walaupun keluarga mereka tidak bisa datang menjenguk ke Rutan, sistem komunikasi tetap terjalin melalui video call,” jelasnya.

Dijelaskannya, kegiatan menghubungi keluarga melalui Video Call sudah diatur untuk setiap WBP di masing-masing blok. Tiap WBP diberikan waktu lima menit untuk menghubungi keluarganya.

“Fasilitas ini akan tetap ada, meskipun nanti sudah tidak ada Covid-19 lagi,” tuturnya.

Rindra menghimbau, mewabahnya Covid-19 tidak membuat keluarga WBP panik dan bingung, karena Rutan Batang tetap memberikan pelayanan terbaik, mulai pelayanan kesehatan hingga makan sehat setiap harinya.

Ia menambahkan, sebelumnya telah dilaksanakan sosialisasi kepada para WBP maupun para pengunjung dan juga sterilisasi menggunakan penyemprotan antiseptan di dalam lingkungan hunian maupun kantor Rumah Tahanan.

Sementara, salah satu WBP Misbah mengatakan, adanya fasilitas video call membantu mempermudah WBP berkomunikasi dengan keluarga, apalagi saat mewabahnya Covid-19 yang mengharuskan dihentikannya kunjungan untuk sementara waktu.

“Asal saya kan jauh dari Semarang, fasilitas video call ini bisa menghilangkan rasa kangen dengan keluarga,” ungkapnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)