Home / Berita / Pembangunan / PEMKAB BATANG GELONTORKAN ANGGARAN RP52 MILIAR LEBIH UNTUK PULUHAN PAKET PEKERJAAN

Berita

Pemkab Batang Gelontorkan Anggaran Rp52 Miliar Lebih Untuk Puluhan Paket Pekerjaan

Batang - Sebanyak 31 paket pekerjaan infrastruktur jalan dan jembatan bakal dibangun Pemerintah Kabupaten Batang di Tahun 2020. Bupati Batang Wihaji mengatakan, di tahun ketiga memimpin masih fokus pada fisik infrastruktur, yang utamanya yaitu akses jalan dan jembatan.

Batang - Sebanyak 31 paket pekerjaan infrastruktur jalan dan jembatan bakal dibangun Pemerintah Kabupaten Batang di Tahun 2020.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, di tahun ketiga memimpin masih fokus pada fisik infrastruktur, yang utamanya yaitu akses jalan dan jembatan.

"Kita sudah anggarkan sebesar Rp52,1 miliar untuk pembangunan jalan, saluran drainase dan jembatan, yang totalnya ada 31 paket pekerjaan," jelas Bupati Batang Wihaji usai meninjau proyek pembangunan di Jalan Bandar-Gerlang, Kabupaten Batang, Senin (2/3/2020).

Pembangunan infrastruktur menjadi ikhtiar untuk mengoneksikan jalur-jalur perekonomian. Karena, pembangunan akses jalan mampu menghidupkan dan mempercepat pertumbuhan perekonomian masyarakat.

“Dari 31 paket, semuanya menggunakan uang rakyat, yang saat ini sebagian sudah mulai masuk dalam tahap lelang di Sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE),” imbuhnya.

Bupati berharap, semua paket pekerjaan bisa tepat waktu dan mutu, sehingga uang rakyat yang digunakan untuk membangun bisa segera dirasakan manfaatnya.

Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataaan Ruang Kabupaten Batang Ketut Mariadji yang ditemui secara terpisah menjelaskan, dari 31 paket, dua paket di antaranya berasal dari bantuan Provinsi Jawa Tengah dengan nilai anggaran Rp10,7 miliar.

"Bantuan dari provinsi digunakan untuk pemeliharaan ruas jalan pantai Jodo-Krengseng Kecamatan Gringsing dan untuk peningkatan ruas jalan Tambakboyo-Pacet Kecamatan Reban," terangnya.

Ia menambahkan, Pemkab Batang juga mendapat dua paket pekerjaan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan total Rp16,7 miliar yang digunakan untuk peningkatan Jalan Tulis Batiombo Kecamatan Tulis dan peningkatan Jalan Perintis Kemerdekaan Kecamatan Batang.

"Untuk program rehabilitasi jalan dan jembatan terdapat 19 paket pekerjaan dengan anggaran APBD total Rp22,8 miliar, mulai dari pembangunan trotoar, pelebaran tikungan ruas jalan, pengaspalan jalan, penataan drainase, dan puluhan paket pengerjaan lainnya," pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)