Home / Berita / Teknologi / KECAMATAN WARUNGASEM TERGETKAN 17% SENSUS PENDUDUK ONLINE

Berita

Kecamatan Warungasem Tergetkan 17% Sensus Penduduk Online

Batang - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Batang menggelar rapat koordinasi Kecamatan Sensus Penduduk Tahun 2020 di Aula Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Rabu (19/2/2020).

Batang - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Batang menggelar rapat koordinasi Kecamatan Sensus Penduduk Tahun 2020 di Aula Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Rabu (19/2/2020).

Kapala BPS Kabupaten Batang Tina Wahyufitri mengatakan, rapat koordinasi (Rakor) Kecamatan merupakan tindak lanjut dari pertemuan Rakor level Kabupaten. Dimana BPS dan Pemerintah Kabupaten Batang menyukseskan kegiatan sensus penduduk Tahun 2020 yang tahap pertamanya Sensus Penduduk Online (SPO).

“SPO dimulai pada bulan Februari dan Maret 2020. Rakor ini adalah sebagai supervisor, dimana kami mengamati bahwa di Kecamatan Warungasem partisipasi dari peserta perangkat desa sangat baik, terutama dukungan dari Camat Warungasem yang menghimbau kepada Kepala Desa dan Lurah agar nanti bisa menyampaikan yang didapat pada Rakor Kecamatan ini.’ jelasnya.

Dijelaskannya, tujuan SPO ini masyarakat bisa memperbarui data kependudukannya secara mandiri. Selain itu kita juga akan mengedukasi masyarakat supaya kedepan agar peduli pada data terutama kependudukan, sehingga dalam jangka sepuluh tahun masyarakat itu bisa melakukan sensus penduduknya itu secara online dalam lingkup yang lebih besar. Karena keuntungannya menggunakan IT merubah data menjadi lebih cepat dan kualitasnya juga lebih baik.

Sementara, Camat Warungasem Kabupaten Batang Willopo mengatakan, Rakor kecamatan warungasem ada titik poinnya adalah pengetahuan masyarakat dimana untuk pengisian SPO.

Peserta yang diundang sendiri seluruh Kepala Desa yang ada di Kecamatan Warungasem. Nantinya setelah Rakor ini peserta bisa menginformasikan seluruh masyarakat yang berada di desanya masing-masing agar menyebarluaskan informasi ini sampai ke pengurus Rukun Tetangga (RT).

Target untuk Kecamatan Warungasem ini yang melakukan SPO adalah 17% sama dengan target untuk Kabupaten Batang. Strategi agar mencapai target 17% dengan cara sosialisasi secara maraton ketingkat desa dan ketingkat RT ataupun juga kumpulan jamaah yasin tahlil.” terangnya.

Ia menghimbau, masyarakat Warungasem untuk segera melakukan SPO secara mandiri, karena saya yakin masyarakat sekarang sudah tidak gaptek mengenai perkembangan teknologi. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)