Home / Berita / UKM / KOPERASI RUTAN BATANG UNTUK MEMINIMALISASI PENYELUNDUPAN BARANG

Berita

Koperasi Rutan Batang untuk Meminimalisasi Penyelundupan Barang

Batang - Rutan Kelas IIB Rowobelang Batang kian memperbaiki pelayanan kepada pengunjung maupun Warga Binaan (WB), terutama yang berhubungan dengan barang-barang yang akan dibawa ke dalam Rutan.

Batang - Rutan Kelas IIB Rowobelang Batang kian memperbaiki pelayanan kepada pengunjung maupun Warga Binaan (WB), terutama yang berhubungan dengan barang-barang yang akan dibawa ke dalam Rutan.

Pihak Rutan Batang juga telah membuka Koperasi Rutan Batang, yang menyediakan segala kebutuhan WB, menggunakan alat pembayaran non tunai sehingga dapat meminimalisasi terjadinya penyelundupan barang termasuk obat-obatan terlarang.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Rutan Rowobelang Batang Rindra Wardhana usai menggelar acara Coffe Morning Bersama Rekan Media dan LSM di Ruang Rapat Rutan Kelas IIB Kabupaten Batang, Kamis (13/2/2020).

“Dengan adanya kebebasan barang-barang yang masuk, maka dibutuhkan sebuah sistem yang bisa mengurangi terjadinya penyelundupan, salah satunya para pengunjung diwajibkan membeli barang yang akan diberikan kepada WB di Koperasi Rutan Batang,” jelasnya.

Dijelaskannya, manfaat lain yang diperoleh, keberadaan Koperasi Rutan Batang ini juga dapat mengefisienkan waktu pemeriksaan barang.Yang semula harus diperiksa selama beberapa waktu, namun dengan membeli di koperasi semua, itu tidak perlu lagi karena sudah dijamin, sehingga waktu mereka lebih intensif bersama keluarga.

Ia menambahkan, ke depan dimungkinkan akan dilakukan kerja sama dengan warga sekitar yang akan menjual produk olahannya ke dalam Rutan melalui Koperasi Rutan Batang dengan tetap di bawah pengawasan petugas, agar produk yang sampai ke WB benar-benar steril dan berkualitas.

Sementara, salah satu WB Mustafa mengungkapkan, pelayanan yang diberikan oleh petugas Rutan memuaskan warga binaan, karena kenyamanan merupakan yang utama.

“Sejak 2018 saya sudah menggunakan kartu sebagai alat pembayaran non tunai, setiap kali ingin membeli kebutuhan. Jadi lebih nyaman karena harganya juga normal,” katanya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)