Home / Berita / Pendidikan / DISDIKBUD BATANG, PERKETAT PENCAIRAN DANA BOS SESUAI ATURAN PUSAT

Berita

Disdikbud Batang, Perketat Pencairan Dana BOS Sesuai Aturan Pusat

Batang - Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang akan memperketat pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk Tahun 2020 kepada sekolah yang menerima bantuan dana BOS.

Batang - Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang akan memperketat pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk Tahun 2020 kepada sekolah yang menerima bantuan dana BOS.

“Pencairan dana BOS di Kabupaten Batang akan mengikuti aturan dari pusat, seperti apa yang telah dikatakan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Salah satunya, aturan tentang sekolah yang gagal melaporkan rincian anggaran ke Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) selama dua kali berturut-turut, tidak akan mendapatkan dana BOS.” Kata Sekretaris Disdikbud Kabupaten Batang Bambang Suryantoro Sudibyo saat diwawancarai di Kantor Disdikbud Kabupaten Batang, Rabu (12/2/2020).

Penyaluran dana BOS di tahun ini bakalan dilakukan bertahap selama tiga kali. Dana BOS juga bakal disalurkan langsung ke sekolah tanpa perantara pemerintah daerah.

“Alur yang tadinya dari pemerintah pusat dikirimkan lewat Provinsi, baru dikirim ke sekolah yang mendapatkan dana BOS, sehingga dari pemerintah pusat langsung diterima sekolah yang mendapatkan dana BOS.” jelasnya

Dijelaskannya, untuk menjamin transparansi sekolah, pemerintah pusat menetapkan sekolah harus melaporkan rincian pemakaian anggaran pada tiap tahap penyaluran laman BOS Kemendikbud. Jika tahap kedua penyaluran sekolah belum juga melaporkan rincian anggaran, Pemerintah bakal menghentikan penyaluran dana BOS ditahap ketiga.

Di Kabupaten Batang yang menerima dana BOS pada Tahun 2019 sendiri untuk Sekolah Dasar (SD) Negeri dan Swasta ada 457 sekolah dengan total anggaran Rp47.439.680.000,00 dan untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta ada 72 sekolah dengan total anggaran Rp23.688.800.000,00.

Ia menambahkan, Disdikbud Kabupaten Batang juga akan melakukan penekanan untuk Kepala Sekolah baik SD atau SMP untuk penerimaan dana BOS yang tahun kemarin maksimal 15% untuk guru honorer, kalau sekarang menjadi 50%. Itu tercatat dalam peraturan BOS reguler Tahhun 2020, yaitu Permendikbud No.8 Tahun 2020. 

Diharapkan, perubahan peraturan ini banyak manfaatnya seperti jika ada kelebihan atau kurang saluran dananya itu jalur mengurusnya tidak harus ke pusat dulu karena terlalu jauh. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)