Home / Berita / Kegiatan Keagamaan / WAKIL BUPATI BATANG IKUT RAYAKAN CAP GO MEH

Berita

Wakil Bupati Batang Ikut Rayakan Cap Go Meh

Batang - Warga keturunan Tionghoa Kecamatan Limpung merayakan Cap Go Meh 257 yang berlangsung di Aula Yess Steak and Resto Limpung, Kabupaten Batang, Sabtu (8/3/20).

Batang - Warga keturunan Tionghoa Kecamatan Limpung  merayakan Cap Go Meh 257 yang berlangsung di Aula Yess Steak and Resto Limpung, Kabupaten Batang, Sabtu (8/3/20).

Perayaan tersebut di hadiri oleh Wakil Bupati Batang Suyono, Kapolres Batang AKBP Abdul Waras, dan Forkopincam Limpung.

Wakil Bupati Batang Suyono mengatakan, pentingnya menjungjung rasa persatuan dan kebersamaan ditengah-tengah perbedaan untuk membangun bangsa yang bemartabat.

"Lebih dari 724 suku di Indonesia berjuang, bekerja keras mengorbankan nyawanya demi kemerdekakan bangsa dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan dan saling toleransi," jelasnya.

Perayaan Cap Go Meh di Kecamatan Limpung sudah kali kedua, bahkan di kabupaten Batang. Tradisi Imlek sudah diperingati sejak 2571 tahun lamanya, maka untuk itu harus terus dijaga dan dilestarikan para generasi muda.

"Toleransi di Negara Indonesia sudah ada sejak dulu. Karena kita lahir dari keberagaman agama, ras dan suku. Intoleran bukan ajaran dan budaya kita untuk membangun bangsa yang besar" terangnya. 

Untuk menjadi Bangsa besar, kita harus memiliki semangat persatuan dan kebersamaan yang dilandasi dengan semangat kerukunan umat beragama serta ikut mendukung program-program Pemerintah.

Sementara, Kapolres Batang AKBP Abdul Waras mengatakan, Perbedaan adalah karunia Allah SWT yang diberikan pada bangsa Indonesia. 

"Kita gelorakan untuk saling menghargai, menghormati, bekerjasama sebagai anak bangsa, bukan saling menjelekkan bahkan mengkafir-kafirkan," tegasnya.

Nabi Muhammad SAW selalu mengajarkan pada umatnya untuk hidup rukun, saling berdampingan dan menjunjung tinggi kedamaian.

"Islam tidak mengajarkan kekerasan, kalau ada kekerasan dalam ajarannya maka bisa dipertanyakan ke Islamannya, karena menyimpang ajaran Nabi Mumahmmad SAW," tambahnya.

Bangsa Indonesia, masyarakatnya selalu menjungjung tinggi, menghargai setiap perbedaan menjadi bingkai persatuan dan kesatuan.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak Forkopimda Kabupaten Batang, yang selalu siap memberikan pelayanan pengamanan, sehingga acara ini berjalan dengan hikmat dan kondusif," pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Panitia Perayaan Cap Go Meh 2571 Edi Santoso mengatakan, Tahun 2020 sesuai dengan penanggalan Cina adalah shio tikus logam, yang mempengaruhi satu tahun kedepan.

"Tahun tikus logam memiliki arti penting seperti kecerdikan, pintar, dan pandai bergaul namun penuh kehati-hatiaan," tuturnya.

Ia berharap, tradisi suka cita bergembira diperayaan Cap Go Meh ini, dapat dirasakan bersama oleh seluruh masyarakat Batang, tidak hanya waraga keturunan Tionghoa. (Humas Batang, Jateng/Edo)