Home / Berita / Pembangunan / DISHUB BATANG AKAN STANDARISASIKAN RAMBU TUNGGAL

Berita

Dishub Batang akan Standarisasikan Rambu Tunggal

Batang - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Batang melakukan pencopotan tanda rambu tunggal di sepanjang jalan Kota Batang, karena tata letak dan ukuran yang sudah tidak sesuai standar ketentuan.

Batang - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Batang melakukan pencopotan tanda rambu tunggal di sepanjang jalan Kota Batang, karena tata letak dan ukuran yang sudah tidak sesuai standar ketentuan.

Rambu tunggal yang dicopot rata-rata sudah berusia lebih dari 9 tahun dan mengalami pelapukan karena dimakan usia.

“Rambu tunggal yang dicopot antara lain tanda perempatan, pejalan kaki di sepanjang Jalan Dr. Sutomo, Dr. Wahidin, A. Yani, Pemuda dan Gajah Mada,” terang Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalulintas Dishub Batang, Tri Agus Nugroho, di Jalan Gajah Mada Kabupaten Batang, Kamis (6/2/2020).

Meskipun ada rambu tunggal yang masih dikategorikan belum terlalu lama dipasang, namun karena alasan pelebaran jalan, tentu saja membuat posisinya tidak memenuhi standar.

“Rencananya tanda rambu tunggal yang baru akan dipasang namun tidak sampai mengganggu pengguna jalan raya dengan tinggi 2,3 meter, sesuai standar jalan Kabupaten/Provinsi,” jelasnya.

dijelaskannya, rambu tunggal merupakan salah satu rambu yang diharapkan dapat menekan angka kecelakaan lalulintas. Maka Dishub meminta masyarakat untuk menjaga bersama agar tidak cepat rusak, sehingga manfaatnya dirasakan lebih lama oleh pengguna jalan.

Selain rambu tunggal yang akan segera diganti, Agus juga menyampaikan rencana Dishub yang akan merealisasikan program Bupati Batang Wihaji, tentang pemasangan rambu destinasi wisata menyambut Tahun Kunjungan Wisata 2022.

“Bupati Wihaji menginginkan melalui Dishub untuk memasang rambu destinasi wisata di sepanjang jalan tol menuju obyek wisata Dieng. Tujuan agar memudahkan wisatawan yang akan berekreasi ke Dieng, dengan tanda khusus arsiran berwarna coklat,” terangnya.

Di rambu itu, juga akan ditambahkan keterangan obyek wisata unggulan Kabupaten Batang yang dapat disinggahi wisatawan. Tujuan sebelum menuju ke Dieng, wisatawan dapat berkunjung terlebih dahulu ke destinasi wisata yang tidak kalah menariknya di Kabupaten Batang.

“Misalnya Sikembang Park yang menjadi salah satu obyek wisata favorit bagi warga Batang dan sekitarnya,” tambahnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)