Home / Berita / Ekonomi / HARGA CABE RAWIT DAN BAWANG DI PASAR BATANG NAIK PESAT

Berita

Harga Cabe Rawit Dan Bawang Di Pasar Batang Naik Pesat

Batang - Harga cabe dan bawang putih di Pasar Kabupaten Batang naik pesat dilihat data harga kebutuhan pokok dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Dan Koperasi Serta Usaha Kecil Dan Menengah.

Batang - Harga cabai dan bawang putih di Pasar Kabupaten Batang naik pesat dilihat data harga kebutuhan pokok dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Dan Koperasi Serta Usaha Kecil Dan Menengah.

“Kenaikan beberapa bahan pokok cabai dan bawang putih pada awal bulan Februari Tahun 2020 ini mencapai dua kali lipat dari harga biasanya atau harga normal.” Kata Kepala Koordinasi Pasar Edy Nugroho saat diwawancarai di Pasar Kabupaten Batang, Selasa (4/2/2020).   

Tercatat didata kita, harga kebutuhan pokok seperti cabai rawit merah Rp80.000,00/kg harga normalnya Rp40.000,00/kg dan Bawang Putih Rp50.000,00/kg harga normalnya Rp25.000,00/kg.

Harga kebutuhan lainnya juga naik tapi tidak begitu signifikan antara lain Kentang, Wortel, Cabai Rawit Hijau, Cabai Merah Besar Teropong, Cabai Merah Besar Keriting, dan Bawang Merah.

Sementara,  Pedagang cabai rawit merah dan bawang putih, Tuah mengatakan, kenaikan cabai rawit merah dan bawang putih karena stok barangnya yang sedikit dari pemasok cabai rawit merah dan bawang putih.

Ia menjelaskan, stok barang sedikit penyebabnya pengirim utama bahan pokok di luar daerah Kabupaten Batang yang memasok cabai rawit merah dan bawang putih tidak mengirim. Karena di Kabupaten Batang sendiri petani cabai rawit merah tidak ada dan petani bawang putih hanya sedikit.

Diharapkan kenaikan ini tidak akan terjadi lama, nanti pada pertengahan bulan Februari harga akan kembali normal seperti biasanya. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)