Home / Berita / Pembangunan / BNN BATANG GANDENG PEMDES WUJUDKAN DESA BERSINAR

Berita

BNN Batang Gandeng Pemdes Wujudkan Desa Bersinar

Batang - Dalam waktu dekat Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Batang akan membentuk relawan yang berperan untuk membantu mensosialisasi pentingnya pencegahan penyalahgunaan narkoba, melalui pencanangan Desa Bersih Dari Narkoba (Bersinar) pada 30 Desa se-Kabupaten Batang.

Batang - Dalam waktu dekat Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Batang akan membentuk relawan yang berperan untuk membantu mensosialisasi pentingnya pencegahan penyalahgunaan narkoba, melalui pencanangan Desa Bersih Dari Narkoba (Bersinar) pada 30 Desa se-Kabupaten Batang.

Program ini dicanangkan di Desa, karena berdasarkan pemetaan BNN, terjadi pergeseran pemakai, dari kota ke desa. Sedangkan petugas BNN tidak dapat berperan sendiri, namun harus menggandeng Pemerintah Desa bersama warga, sehingga Desa Bersinar segera terwujud, bersamaan membentuk generasi emas yang unggul.

Beberapa desa yang direncanakan menjadi percontohan yaitu, Denasri Wetan, Pasekaran, Wates dan Warungasem.

Kepala BNNK Batang, AKBP. Windarto mengatakan, sebagai langkah awal BNNK Batang akan membentuk 30 Relawan Desa Bersinar dari masing-masing desa dan diberikan pembekalan tentang tindakan yang perlu dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba.

“Pencanangan Desa Bersinar harus ada empat komponen diantaranya terbentuknya relawan, adanya anggaran, regulasi yang memudahkan pelaksanaan dan kegiatan yang menjurus pencegahan. Misalnya dengan sosialisasi dengan peran Karang Taruna karena cenderung lebih dekat dengan kaum milenial,” jelas AKBP. Windarto, di Balai Desa Pasekaran, Kabupaten Batang, Selasa (4/2/2020).

Dijelaskannya, BNNK Batang lebih mengedepankan langkah pencegahan daripada pemberantasan. Diharapkan, desa dapat mengantisipasi, memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk memutus mata rantai peredaran gelap narkoba.

Ia berharapa, semoga 30 desa sebagai 3 embrio di Kabupaten Batang, bisa menggelar kegiatan yang berpengaruh pada masyarakat agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

Sementara, Kepala Desa Pasekaran Amat Rohyi menuturkan, Pemerintah Desa akan memberikan dukungan penuh terhadap program Desa Bersinar yang dicetuskan oleh BNNK Batang. Salah satunya dengan memanfaatkan Dana Desa untuk menyukseskan  Desa Bersinar.

“Ke depan sebagian Dana Desa akan dialokasikan untuk kegiatan sosialisasi bersama masyarakat dan kegiatan yang sifatnya mengajak warga supaya tidak menyalahgunakan narkoba,” tuturnya.

Selama ini, Desa Pasekaran selalu menerjunkan Karang Taruna bersama tokoh masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan narkoba.

“Pemerintah Desa Pasekaran juga beberapa kali mengundang BNNK Batang untuk mensosialisasikan bahaya penyalahgunaan narkoba,” ungkapnya.

Amat Rohyi bersama aparat desa segera mempersiapkan pemuda desa, untuk diikutkan dalam pelatihan menjadi Relawan Desa Bersinar.

“Setelah menjadi Relawan Desa Bersinar, ilmu yang didapat betul-betul diterapkan dan bermanfaat bagi masyarakat, semoga desa-desa di Kabupaten Batang dapat terbebas dari bahaya penyalahgunaan narkoba,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)