Pertama di Indonesia, Perpanjangan SIM Drive Thru di MPP Batang
Batang Demi menciptakan birokrasi yang efektif, efisien, dan sederhana, Pemerintah Kabupaten Batang secara resmi melaunching Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Batang, Kamis (23/1/2020).
Batang Demi
menciptakan birokrasi yang efektif, efisien, dan sederhana, Pemerintah
Kabupaten Batang secara resmi melaunching Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kantor
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Batang, Kamis
(23/1/2020).
Bupati Batang Wihaji
mengatakan, salah satu inovasi yang diberikan yaitu pelayanan perpanjangan
Surat Izin Mengemudi (SIM) drive thru atau
tanpa turun dari kendaraan.
“Pelayanan SIM drive thru merupakan inovasi dari Kepolisian
Resor Batang, jadi bagi warga yang akan perpanjangan SIM tidak perlu turun dari
kendaraannya, cukup menyerahkan syarat-syaratnya, kemudian foto dan 7 menit SIM
jadi,” jelasnya.
Ia menyampaikan
pelayanan perpanjangan SIM drive thru
untuk SIM A dan C merupakan kali pertama berdiri di Indonesia.
Dalam kesempatan yang
sama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB)
Republik Indonesia Tjahjo Kumolo mengapresiasi berdirinya pelayanan
perpanjangan SIM drive thru di
Batang.
“Melalui inovasi yang
dilakukan oleh Polres Batang ini, diharapkan perpanjangan SIM A dan C akan
lebih mudah dan cepat, serta dapat menjadi contoh bagi daerah lain di
Indonesia,” ujarnya.
MPP di Batang merupakan
yang ketiga setelah Kabupaten Banyumas dan Kebumen dengan 329 jenis pelayanan
yang bisa diakses masyarakat, 72 jenis pelayanan di antaranya yaitu pelayanan
milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.
Turut hadir dalam
kegiatan ini Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenpanRB Diah Natalia, Wakil Walikota
dan Bupati se-Pantura, Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah, Forum Koordinasi
Pimpinan Daerah dan Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintahan
Kabupaten Batang. (MC Batang, Jateng/Ardhy/Jumadi)