Home / Berita / Ekonomi / DIRESMIKAN PASAR DESA PANDANSARI, MENINGKATKAN EKONOMI 3 DESA

Berita

Diresmikan Pasar Desa Pandansari, Meningkatkan Ekonomi 3 Desa

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang meresmikan Pasar desa Pandansari di Desa Banaran, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Rabu (15/1/2020).

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang meresmikan Pasar desa Pandansari di Desa Banaran, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Rabu (15/1/2020).

Peresmian ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Batang Subiyanto, Camat Banyuputih Tohiri, dan masyarakat Desa Banaran.

Kepala Desa Banaran Supriyono mengatakan, pembangunan pasar Desa Pandansari menjadi impian semua masyarakat Desa Banaran. Sumber dana berasal dari dana desa sebesar Rp298 juta. Pembangunan pasar pandansari ini dibangun secara bertahap. Saat ini masih dibangun 12 lapak.

“12 lapak itu akan dibagi dibeberapa wilayah antara lain dukuh randubowo ada 4 lapak, dukuh banaran ada 4 lapak, dukuh gegep ada 2 lapak, dan dukuh sayurejo ada 2 lapak.” jelasnya.

Dijelaskannya, pembangunan pasar desa ini merupakan inovasi dari Pemerintah Desa Banaran yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi desa yang selama ini masih kurang dan Pemerintah Desa membangun pasar desa karena memang telah menjadi kebutuhan masyarakat.

“Dibangunnya pasar desa pandansari, karena Desa Banaran terletak strategis ditengah atau tepat pertigaan 3 desa yang meliputi dekat dengan Desa Kalangsono, Desa Bulu, maupun Desa Penundan. Akses jalannya sudah halus dan memadahi.” tambahnya.

Untuk program pasar desa di Tahun 2020 nanti ada penambahan untuk pembangunan pasar desa pandansari ada 6 unit berupa kios, untuk pengembangan pasar desa dengan menggunakan dana desa.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Batang Subiyanto mengatakan, pasar desa pandansari akan menjadi pusat ekonomi dari desa banaran bahkan nantinya bisa masyarakat dari luar desa akan datang.

“Himbauan untuk pemerintah desa dari Pemerintah Kabupaten Batang harus memperhatikan terutama sampah. Pemerintah desa harus bisa mengelola sampah dengan baik karena itu pasti hal pertama yang akan menimbulkan masalah.” terangnya.

 

Pemerintah Kabupaten Batang sangat mendukung atas program pembangunan Pasar Desa Banaran, sehingga untuk penempatan lahan parkir yang baik karena pasar desa pandansari ini terletak di pinggir jalan utama desa, jika tidak dapat ditempatkan dengan baik nantinya akan menimbulkan kemacetan.

 

Ia berharap, kedepannya ada evaluasi dari Pemerintah Desa untuk 5 tahun sekali. Itu sangat perlu dilakukan agar dapat mengetahui kekurangan-kekurangan apa saja yang dapat dibenahi. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)