Home / Berita / Pembangunan / BUPATI BATANG TERIMA PENGHARGAAN WATER.ORG

Berita

Bupati Batang Terima Penghargaan Water.org

Jakarta - Water.org lembaga nirlaba internasional yang berfokus pada akses air dan sanitasi asal Amerika Serikat menilai program water connection PDAM Kabupaten Batang masuk kategori terbaik tingkat nasional.

Jakarta - Water.org lembaga nirlaba internasional yang berfokus pada akses air dan sanitasi asal Amerika Serikat menilai program water connection PDAM Kabupaten Batang masuk kategori terbaik tingkat nasional.

Dari penilain mitra water.org PDAM yang mendapatkan apresisi di Jawa Tengah hanya 4 Kabupaten  yang mendapatkan apresiasi yakni Batang, Boyolali, Kendal dan Jepara.

Tidak hanya Bupati Batang Wihaji, Direkur PDAM Batang Yulianto juga menerima penghargaan kategori inovasi alternatif pembiayaan rumah tangga dan pengembangan PDAM.

Penghargaan tersebut diterima langsung Bupati Batang Wihaji dan Direktur PDAM Yulianto yang diserahkan oleh Direktur Operasional Water.org Don Johnston Pullman di Hotel  Wisma Nusantara Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Bupati Batang Wihaji mengatakan, penghargaan merupakan instrumen mendorong PDAM untuk terus meningkatkan kinerjanya, kerjasama dan komitmen dalam keberlangsungan pengelolaan air sebagai hak kebutuhan dasar masyarakat, untuk memastikan mendapatkan air bersih dan sanitasi.

Sebagai pelayanan publik kita dituntut untuk meningkatkan kapasitas manajemen yang efektif dan pelayanan yang prima, seperti, manajemen SDM, keuangan, logistik, pengelolaan lingkungan dan manajemen pelayanan agar masyarakat bisa mendapatkan air bersih dan sanitasi dengan biaya rendah.

"Sebagai badan usaha, saya pastikan PDAM bisa melayani kebutuhan air bersih masyarakat yang tentunya tidak boleh rugi, oleh karena itu kerjasama dengan water.org bagian dari ikhtiar kita memberikan pelayanan kepada masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendapatkan akses air bersih dengan biaya murah." pungkasnya.

Sementara Direktur PDAM Kabupaten Batang Yulianto menjelaskan, sesuai dengan data dari hasil penilaian SPAM Batang empat tahun berturut-turut mampu mempertahankan sebagai pengelolaan PDAM dengan kinerja baik.

"Atas dasar itulah, selain kita mendapatkan apresiasi dari water.org, PDAM Batang dinilai terbaik pertama se-Jawa Tengah sebagai kinerja BUMD penyelenggara SPAM dan juga terbaik ke 8 se-Indoensia." terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Operasional Water.org Don Johnston mangatakan, apresiasi ini merupakan berkat kerjasama dengan Pemerintah Daerah dalam rangka peningkatan akses perpipaan bagi masyarakat di Kabupaten Batang.

"Hasil kerjasama adalah sukses stori untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan akses kebutuhan air bersih dan sanitasi." katanya.

Akses air bersih dan sanitasi adalah kunci rumah tangga keluar dari kemiskinan, kunci mendapatkan kesehatan dan kesejahteraan.

Ia berharap, Water.org bisa menjadi pilot projek daerah lain, dalam melayani kebutuhan masyarakat berpendapatan rendah dapat mendapatkan air bersih. (Humas Batang, Jateng/Edo)