Home / Berita / Pemuda dan Olahraga / UJIAN KENAIKAN TINGKAT PSS BETAKO MERPATI PUTIH BATANG

Berita

Ujian Kenaikan Tingkat PSS Betako Merpati Putih Batang

Batang - Perguruan Pencak Silat (PPS) Bela diri tangan kosong (Betako) Merpati Putih kelompok latihan (Kolat) Kabupaten Batang menggelar ujian kenaikan tingkat di Alun-Alun Kabupaten Batang, Minggu (12/1/2020).

Batang - Perguruan Pencak Silat (PPS) Bela diri tangan kosong (Betako) Merpati Putih Kelompok latihan (Kolat) Kabupaten Batang menggelar ujian kenaikan tingkat di Alun-Alun Kabupaten Batang, Minggu (12/1/2020).

Ketua Kolat Kabupaten Batang Cahyono mengatakan, ujian kenaikan tingkat dan eksibisi getaran halang rintang tutup mata kali ini diadakan ditempat umum, bertujuan agar masyarakat mengenal mengenai PPS Betako Merpati Putih dan perguruan ini agar lebih eksis dan berkembang di Kabupaten Batang.

“Tujuan diadakannya ujian kenaikan tingkat sendiri adalah untuk mengukur kemampuan baik fisik, mental, dan ketrampilan anggota PPS Betako Merpati Putih dan meningkatkan kualitas tingkatan para anggotanya.” jelasnya.

Manfaatnya para anggota ikut dalam mengikuti ujian kenaikan tingkat PPS Betako Merpatih Putih adalah untuk pembinaan mental terutama dalam kesehatan sekaligus bisa meningkatkan kecerdasan.

Dijelaskannya, ujian kenaikan tingkat PSS Betako Merpati Putih meliputi ujian stamina, ujian tata gerak, ujian pematahan benda keras, dan demontrasi getaran haling rintang tutup mata.

“Dalam ujian stamina, untuk ujian kenaikan tingkat para anggota harus berlari sejauh 10 km, dan ujian tata gerak untuk ujian kenaikan tingkat para anggota harus menguasai gerak dasar, gerak langkah, rangkaian gerak  di tempat, dan rangkaian gerak langkah.” tambahnya.

Jika para anggota lulus dalam ujian kenaikan tingkat yang sudah dialui para anggota berhak atas kenaikan tingkatan, tetapi jika para anggota tidak lulus dalam ujian kenaikan tingkat yang sudah dilalui, para anggota harus mengulang kembali ujian kenaikan tingkat sampai berhasil. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)