Home / Berita / Agama / DOA BERSAMA UNTUK MEREFLEKSI DIRI

Berita

Doa Bersama untuk Merefleksi Diri

Batang - Malam pergantian tahun, jamaah majelis taklim mengisi dengan kegiatan doa bersama, sebagai media intropeksi diri selama Tahun 2019 serta untuk menyampaikan harapan yang lebih baik bagi masyarakat. di Masjid Agung Darul Muttaqin Kabupaten Batang, Selasa (31/12/2019).

Batang - Malam pergantian tahun, jamaah majelis taklim mengisi dengan kegiatan doa bersama, sebagai media intropeksi diri selama Tahun 2019 serta untuk menyampaikan harapan yang lebih baik bagi masyarakat. di Masjid Agung Darul Muttaqin Kabupaten Batang, Selasa (31/12/2019).

Bupati Batang Wihaji mengatakan, doa bersama ini dapat dijadikan untuk merefleksi diri di tahun lalu, sekiranya masih banyak kekurangan dan dosa hubungannya dengan sesama manusia dan Allah Subhannahu Wa Ta’ala.

“Saya selaku Bupati juga begitu, barangkali di Tahun 2019 ada pelayanan yang kurang maksimal dan belum optimal, kita intropeksi kemudian ditingkatkan, Refleksi ini digunakan kita semua untuk memohon ampun kepada Allah Ta’ala.” jelasnya

Bagi masyarakat yang mempunyai niat dan hajat tertentu, semoga di Tahun 2020 tambah baik.

Ia berharap, kegiatan doa bersama, supaya masyarakat semakin baik dan pelayanan Pemerintah Daerah juga makin baik.

Dalam kesempatan yang sama, Pimpinan Majelis Dzikir, KH. Saefudin Zuhri meminta masyarakat Batang menjadikan malam pergantian tahun untuk bermuhasabah dan wahana mengintrospeksi diri selama setahun yang lalu.

“Apa saja yang sudah kita lakukan untuk Allah, untuk Rasul-NYA, bangsa dan negara yang kita cintai, harapannya mendapatkan ridho Allah, untuk Kabupaten Batang tercinta,” terangnya.

Dari hasil muhasabah itu, KH. Saefudin mengharapkan, ada perenungan yang direfleksikan dalam kehidupan di tahun yang akan datang.

“Pertama di akhir tahun itu kita doa bersama, mohon ampunan kepada Allah Subhannahu Wa Ta’ala. Kemudian di momentum pergantian tahun kita awali juga dengan keadaan sedang berdoa dan berdzikir,” tambahnya.

Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain : sholat taubat untuk bermuhasabah, sholat tasbih untuk mensucikan diri dan mohon disucikan oleh Allah Ta’ala atas dosa-dosa kita, pikiran dan hati kita agar lebih baik. Kemudian, sholat hajat agar rencana di Tahun 2020 dibimbing dan diridhoi Allah dan diakhiri dengan dzikir dan doa bagi keselamatan bangsa dan negara, kemajuan Kabupaten Batang serta generasi penerus masa depan.

Sehingga umat Islam menutup Tahun 2019 dalam keadaan sedang beribadah dan detik awal Tahun 2020 pun sedang menghadap untuk berdoa kepada Allah, agar saudara-saudara kita, misalkan masih banyak yang jauh dari Allah, semoga Allah berkenan untuk mengampuni.

Doa dan dzikir bersama ini sesuai surat edaran dari Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Batang yang meminta agar setiap Masjid Besar di tiap Kecamatan melakukan hal yang sama. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)