Home / Berita / UKM / KEBERADAAN KOMUNITAS KUATKAN PERPUTARAN PEREKONOMIAN BATANG

Berita

Keberadaan Komunitas Kuatkan Perputaran Perekonomian Batang

Batang - Menuju Heaven of Asia, mengharuskan banyak komponen yang berperan di dalamnya. Salah satunya adalah komunitas yang beragam di Kabupaten Batang, untuk menyumbangkan ide-ide kreatifnya, sehingga Tahun Kunjungan Wisata 2022 dapat sukses.

Batang - Menuju Heaven of Asia, mengharuskan banyak komponen yang berperan di dalamnya. Salah satunya adalah komunitas yang beragam di Kabupaten Batang, untuk menyumbangkan ide-ide kreatifnya, sehingga Tahun Kunjungan Wisata 2022 dapat sukses.

Festival Komunitas adalah jawabannya, karena dapat memperkuat sendi perekonomian saat Kabupaten Batang menjadi pusat kunjungan wisata dari berbagai belahan dunia.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, rata-rata penyelenggaranya adalah anak-anak muda, karena banyak inovasi. Komunitas ini jelas dapat menguatkan ekonomi kreatif di Kabupaten Batang, karena melibatkan UKM yang sekian banyak,” jelas Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Batang, Uni Kuslantasi Wihaji usai membuka acara Lomba Memasak untuk memeriahkan Festival Komunitas dan Ekonomi Kreatif di Jalan Veteran Kabupaten Batang, Senin (30/12/2019).

Menurutnya, ada sirkulasi keuangan yang semakin meningkat. Perputaran ekonomi akan lebih sering terjadi. Kegiatan ini sangat positif karena melibatkan banyak pihak dan jenjang.

“Mulai dari anak-anak SD dilibatkan dalam lomba menggambar untuk mengisi waktu libur mereka dan lomba memasak yang tentu menyemangati ibu-ibu agar makin giat mencetuskan menu-menu spesial bagi keluarga,” terangnya.

Ketua Panitia Festival Komunitas dan Ekonomi Kreatif Tatik Setyaningsih mengatakan, fesival ini diharapkan dapat dimanfaatkan seluruh komunitas di Kabupaten Batang, untuk mendukung program Bupati Batang Wihaji dan Wakil Bupati Suyono yang menginginkan munculnya One Village One Product dan menyukseskan Heaven of Asia.

“Di sini ada stand komunitas yang terdiri dari 36 komunitas di antaranya Tombo Imajener, Batang We Jaran Teji, KBB Pakubara, Kembar Art dan Drone Media. Serta untuk stand ekonomi kreatif seperti pengolahan ikan wader, kreator tong, kopi, kreasi daur ulang sampah,” pungkasnya.

Selain itu, juga dimeriahkan dengan berbagai pentas seni yang dapat disaksikan di panggung utama hingga malam pergantian Tahun 2020.

Festival ini merupakan media bagi para komunitas untuk menuangkan kreativitas mereka melalui sarasehan “Komunitas Batang Menuju Heaven of Asia Bersama Bupati Batang”.

Ia berharap, komunitas itu tidak jalan sendiri, birokrasi juga tidak jalan sendiri, tapi antar keduanya bisa berjalan bersama, sehingga program Menuju Heaven of Asia Bupati Batang berjalan dengan baik melalui segala sisi. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)