Home / Berita / Pemerintahan / BUPATI BATANG, MINTA BATANG JADI DAERAH RAMAH DISABILITAS

Berita

Bupati Batang, Minta Batang Jadi Daerah Ramah Disabilitas

Batang - Peringati Hari Disabilitas Internasional, Pemerintah Kabupaten Batang menggelar Apel Pagi yang diikuti oleh ratusan siswa dan pendidik Sekolah Luar Biasa Negeri Batang, dan komunitas masyarakat disabilitas di Halaman Pendopo Kabupaten Batang, Jumat (6/12/2019).

Batang - Peringati Hari Disabilitas Internasional, Pemerintah Kabupaten Batang menggelar Apel Pagi yang diikuti oleh ratusan siswa dan pendidik Sekolah Luar Biasa Negeri Batang, dan komunitas masyarakat disabilitas di Halaman Pendopo Kabupaten Batang, Jumat (6/12/2019).

Guru Disabilitas SLB Batang Mohamad Hikmat mengatakan  penyandang disabilitas tuna daksa untuk kantor pelayanan di Batang bisa lebih ramah disabilitas, seperti dengan menyediakan parkir khusus kendaraan roda tiga ataupun penyediaan kursi roda.

"Kalau kota besar suadah ramah disabilitas tapi, belum banyak daerah yang ramah disabilitas, dan kami harap Batang bisa menjadi pelopor daerah ramah disabilitas,"pintanya

Ia berharap tidak hanya infrastruktur yang ramah disabilitas, kami pun minta kantor pelayanan publik di Batang juga menyediakan  kursi roda dan juga parkir khusus kendaraan disabilitas serta kami juga ingin Polres Batang ada layanan pembuatan SIM D untuk penyandang disabilitas.

Dalam kesempatan sama Bupati Batang Wihaji mengatakan akan mulai menyiapkan diri. Salah satu langkah yang diupayakan adalah dengan nantinya akan diresmikan Mall Pelayanan Publik (MPP) di kantor DPMPTSP Batang.

"Saya akan menambah layanan fasilitas khusus penyandang disabilitas, selama saya masih menjabat, sehingga tanah dan gedung Pemerintah Daerah yang sekarang untuk SLB tersebut aman dan bisa digunakan tanpa rasa khawatir.”jelasnya

Ia berharap penyandang disabilitas ditemukan beberapa permintaan dan permasalahan dari kaum disabilitas. Pihaknya ke depan akan berusaha agar beberapa masalah tersebut bisa dicarikan solusi dan sesuai dengan kemampuan anggaran daerah.

Dalam kegiatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Batang turut memberikan bantuan kepada para penyandang disabilitas. Bantuan berupa bantuan kursi roda, alat bantu pendengaran.

Salah satunya dan lainnya. Juga turut diberikan hadiah tabungan untuk para pelajar disabilitas yang berprestasi dan berbakat.

Pemerintah Kabupaten Batang juga secara spontan melakukan infaq dari para ASN. Donasi yang terkumpul sekitar Rp13.573.800,00 ini akan diperuntukkan untuk pembangunan toilet bagi penyandang disabilitas. Pemerintah Kabupaten juga memberikan bantuan tunai Rp25 Juta untuk dana bantuan pendidikan bagi siswa SLB.

SLB menjadai kewenangan Pemerintah provinsi, namun Pemerintah Kabupaten bertekad untuk tetap melayani, karena mereka juga warga masyarakat Batang. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)