Home / Berita / UKM / DISNAKER, BIMBING MILENIAL BATANG JADI FOTOGRAFER HANDAL

Berita

Disnaker, Bimbing Milenial Batang Jadi Fotografer Handal

Batang - Disnaker Batang menggelar Pelatihan Kompetensi Fotografi di Balai Latihan Kerja, Disnaker Kabupaten Batang, Jum’at (6/12/2019). Pelatihan fotografi dilaksanakan selama 280 jam dan diikuti oleh 20 kaum milenial dari seluruh Kabupaten Batang dan akan digelar pameran foto hasil karya mereka.

Batang - Disnaker Batang menggelar Pelatihan Kompetensi Fotografi di Balai Latihan Kerja, Disnaker Kabupaten Batang, Jum’at (6/12/2019). Pelatihan fotografi dilaksanakan selama 280 jam dan diikuti oleh 20 kaum milenial dari seluruh Kabupaten Batang dan akan digelar pameran foto hasil karya mereka.

Disnaker Batang terus berinovasi dalam memberikan pelatihan. Salah satunya adalah fotografi untuk mencetak kaum milenial yang handal, dengan mengundang langsung tokoh-tokoh yang berkompeten di bidangnya

Kepala Disnaker Kabupaten Batang Tulyono mengatakan, kegiatan ini tercetus berkat aspirasi dari masyarakat, bahwa fotografi dibutuhkan oleh seluruh kalangan.

“Ternyata peminatnya banyak, nantinya pelatihan ini dapat mencetak wirausaha baru di bidang fotografi. Kegiatan ini tidak hanya sekedar pelatihan saja, tetapi di bagian akhir para peserta akan diuji kompetensinya oleh lembaga sertifikasi fotografi,”jelasnya

Selain untuk membangun jiwa kewirausahaan, ilmu fotografi ini pun sangat luar biasa manfaatnya bagi kemajuan Kabupaten Batang, di bidang pariwisata karena diharapkan dapat menyukseskan visi misi Bupati Wihaji dan Wakil Bupati Suyono, yaitu Visit Batang Years 2022, Heaven of Asia.

Ia berharap, peserta nantinya dapat mempromosikan destinasi pariwisata yang ada di Kabupaten Batang melalui ilmu yang telah didapat dari para pakar fotografi, sehingga tahun kunjungan wisata 2022 mendatang, sukses terlaksana.

Sementara itu instruktur fotografi Sarburiono memaparkan, sebelum menjadi seorang fotografer handal, peserta harus menguasai ilmu dasar fotografi, dengan mengenal lebih dalam fitur-fitur yang terdapat di kamera. Para peserta juga dilatih cara mengambil sudut pandang, posisi dan komposisi yang tepat.

“Di sini kami menekankan setelah mengikuti pelatihan, mereka bisa mandiri dan mampu berkompetisi dengan rekan yang telah menekuni dunia fotografi terlebih dahulu, secara sehat,”terangnya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan peserta terus menggali potensi diri supaya tidak monoton, sehingga dapat mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati, Visit Batang Years 2022, Heaven of Asia.

Salah seorang peserta, Azam mengutarakan, dirinya semakin bersemangat dalam mengikuti pelatihan fotografi, karena sejak remaja memiliki ketertarikan pada dunia fotografi.

“Setelah mendapat pelatihan saya akan mengaplikasikannya ke masyarakat,  meningkatkan potensi pariwisata di Kabupaten Batang agar makin dikenal khalayak, terutama bagi mereka yang belum tahu lebih dalam tentang destinasi itu,”paparnya.

Di bidang bisnis, Azam berinisiatif untuk menyukseskan revolusi industri 4.0, dengan memanfaatkan ilmu fotografi untuk mempromosikan produk-produk unggul UMKM, melalui media sosial. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)