Home / Berita / Pendidikan / BUPATI BATANG SIAPKAN SARANA DAN PRASANA UNTUK SLB

Berita

Bupati Batang Siapkan Sarana dan Prasana Untuk SLB

Batang - Sekolah Luar Biasa (SLB) menjadi satu-satunya tempat menuntut ilmu dari anak-anak penyandang difabel yang ada di Kabupaten Batang. Namun, sarana dan prasarana yang ada hingga kini dirasakan masih kurang, termasuk untuk jumlah pengajar.

Hal ini dikatakan Bupati Batang Wihaji saat berkunjung di SLB Negeri Kabupaten Batang, Rabu (27/11/2019). 

Bupati menjelaskan, SLB Batang mempunyai murid dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). untuk pengelolaannya sendiri saat ini berada di pihak Provinsi Jawa Tengah. 

"Ada beberapa sarana dan prasarana yang masih kurang, salah satunya toilet untuk difabel, oleh karena itu Pemkab siap membantu pembangunannya agar bisa dimanfaatkan oleh para murid," jelasnya.

Sementara, salah satu guru penyandang disabilitas SLB Batang mengatakan menjadi guru yang cacat fisik, justru bersemangat untuk menebar motivasi bagi anak-anak disabilitas. 

“Sekolah ini merupakan satu-satunya SLB di Batang, maka dari itu adanya kekurangan penyesuaian kelas antara rasio guru dan banyaknya murid, maka aktivitas kegiatan belajar mengajar menggunakan sistem lesehan,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala SLB Batang Jarwo mengungkapkan, untuk saat ini masih ada beberapa kekurangan yang perlu dibenahi atau ditambah, termasuk jumlah guru.

"Untuk jumlah pengajar yang ideal, jumlahnya masih kurang. Selain itu, sarana dan prasarana yang ada juga masih perlu dibenahi, termasuk daya tampung, saat ini kita baru bisa menerima 216 anak saja, dari sekitar 600 anak berkebutuhan khusus yang terdaftar," pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Jumadi)