Home / Berita / Kesehatan / PUSKESMAS BATANG KADERISASI KARANG TARUNA TERAPKAN PHBS

Berita

Puskesmas Batang Kaderisasi Karang Taruna Terapkan PHBS

Batang - Puskesmas Batang I berupaya mengkaderisasi para remaja Karang Taruna untuk membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terhadap masyarakat di aula Kelurahan Sambong, Kabupaten Batang, Rabu (27/11/2019).

Petugas Gizi Puskesmas Batang 1 Vena memandang bahwa kondisi tubuh remaja masih dikategorikan sehat, maka tidak salah jika PHBS mulai diterapkan sejak muda, agar di usia senja tetap lebih produktif. Kebiasaan yang tidak sehat termasuk pola makan serba instan pun dapat memicu timbulnya berbagai penyakit degenerarif atau penyakit tidak menular (PTM).

“Untuk usia muda maupun tua, makanan cepat saji lebih baik dibatasi. Kalau hanya sekedar mencicipi asal tidak terlalu sering tidak masalah, karena jika terlalu sering pasti menimbulkan penyakit seperti kadar kolesterol dan gula darah tinggi, darah tinggi, jantung serta asam urat,” terangnya.

Vena menyarankan, meskipun berusia muda, bukan berarti bebas mengkonsumsi semua jenis makanan. 

“Walaupun masih muda, kita harus mencetak generasi tua yang tetap sehat, dengan tetap mengkonsumsi makanan yang sehat,” tandasnya.

Salah seorang anggota Karang Taruna Desa Sambong, Erwin menuturkan, makanan cepat saji yang ditemui di sekeliling kita mengandung banyak kalori dan lemak. Jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan kadar kolesterol yang sangat tinggi.

“Setelah mengikuti acara ini ya kita mengetahui bahwa pola hidup sehat itu penting sekali dan diimbangi dengan olahraga,” kata pemuda yang aktif menjadi pelatih bola basket.

Ia mengatakan, makanan yang telah dikonsumsi dalam tubuh, harus dilakukan pembakaran dengan melakukan aktivitas fisik, di antaranya rutin berolahraga, atau jika tidak mempunyai banyak waktu dapat diganti dengan aktivitas sehari-hari yang membuat tubuh kita bergerak, sehingga badan terasa lebih sehat.

“Untuk menghindari penyakit-penyakit itu, kita makan makanan yang sehat saja, jangan makan makanan instan sehingga kandungan nutrisi dan vitamin dalam makanan didapat secara benar,” tuturnya.

Lurah Sambong, Henry Dunanto mengutarakan, melalui sosialisasi PHBS pemuda yang menjadi tulang punggung masa depan bangsa, dapat menerapkan pola hidup yang sehat, sehingga Indonesia siap maju dan bersaing dengan bangsa lain. 

“Kita mengarahkan pemuda menjadi pahlawan lingkungan untuk mengubah pola pikir masyarakat agar hidup sehat dan bersih sesuai harapan,” katanya. (MC Batang, Jateng/Heri)