Home / Berita / Kesehatan / KPA BATANG GELAR SOSIALISASI PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN HIV-AIDS

Berita

KPA Batang Gelar Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS

Batang Dalam rangka menyambut Peringatan Hari AIDS Sedunia pada 1 Desember 2019 mendatang, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Batang, menggelar Sosialisasi Penanggulangan HIV-AIDS di Rumah Makan Subah Asri, Desa Tenggulangharjo, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Selasa (26/11/2019).

Staf KPA Batang Muhamad Afif, mengatakan kegiatan yang diikuti oleh pengurus tempat hiburan ini berupa sosialisasi HIV mencakup pengertian HIV-AIDS, penggunaan kondom, dan ketertiban lingkungan. 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian generasi muda terhadap isu HIV-AIDS dan untuk menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap pengidap HIV-AIDS.

“Kita mengajak untuk para stakeholder terus memberikan edukasi terhadap masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dalam rangka menuju three zero, yaitu menurunnya angka temuan HIV baru, menurunkan angka kematian karena HIV, dan mengurangi stigma diskriminasi di masyarakat,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, KPA mengajak kepada seluruh masyarakat atau pemerintah yang menjalankan program penanggulangan HIV supaya dapat mengambil peran untuk bersama-sama menyukseskan program ini.

“Apalagi menuju program Batang Heaven Of Asia 2022 tentunya tidak hanya pariwisata yang mengindahkan mata, akan tetapi bagaimana menciptakan wisata sehat yang membuat Batang itu bisa mengurangi angka HIV dari tahun 2007 hingga Oktober 2019 ini tercatat 1.138 yang terkena HIV-AIDS dari seluruh usia,” imbuhnya.

Dengan adanya sosialisasi ini Afif berharap masyarakat dapat memahami tentang HIV, sehingga tidak ada lagi stigma diskriminasi oleh warga. 

“Untuk masyarakat yang terkena HIV yang sudah ditemukan atau diobati maupun yang belum, jangan sampai melakukan hal-hal yang bisa menularkan atau bisa menjadikan virus HIV masuk ke tubuh kita,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Jumadi)