Home / Berita / Pendidikan / RESPECT PIDATO MENDIKBUD RI NADIEM MAKARIM, BUPATI BATANG AKAN BUAT REGULASI

Berita

Respect Pidato Mendikbud RI Nadiem Makarim, Bupati Batang Akan Buat Regulasi

Batang - Sempat viral pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI) Nadiem Makarim di hari Guru Nasional yang menuai berbagai sindiran dan sanjungan di kalangan pendidik.

Namun, berbeda dengan Bupati Batang Wihaji yang justru terkesima dengan pidato ini, pasalnya orang nomor satu di Pemkab Batang ini langsung ke SMPN 3 Batang untuk mengaplikasikan isi pidato sang Menteri, Selasa (26/11/2019).

"Ada beberapa item pidato Mendikbud RI yang harus dipraktikan dalam proses belajar mengajar di Kabupaten Batang," kata Bupati Batang Wihaji. 

Di SMPN 3 Batang memang sudah dipraktikan yakni, ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar. Berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas. Cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas. Temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri. Tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan. 

"Ada beberapa item pidato Menteri yang menurut pendangan saya melatih kepemimpinan dan keberanian mental siswa," ujarnya. 

Dijelaskan juga oleh Bupati, siswa secara knowledge atau kemampuan awal bisa paham dalam pembelajaran di mata pelajaran. Sehingga, apa yang disampaikan Menteri sangat bermanfaat bagi siswa dalam proses belajar mengajar. 

"Kalau memang diperbolehkan Pemkab Batang akan membuat regulasi khusus untuk sistem belajar mengajar, tapi karena hanya pidato sehingga kami menunggu kebijakan pusat, kalau tidak ada regulasi baru kita inovasi saja," pungkasnya. (Humas Batang, Jateng/Edo)