Home / Berita / Pendidikan / GURU MASA KINI HARUS KUASAI TEKNOLOGI INFORMASI

Berita

Guru Masa Kini Harus Kuasai Teknologi Informasi

Batang - Semakin berkembangnya zaman, para guru dituntut supaya mampu menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi informasi, karena anak didiknya pun begitu akrab dengannya.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Batang, Warsito mengatakan, para guru harus mampu berinovasi dan menyiapkan diri untuk menguasai teknologi informasi.

“Saya yakin guru-guru zaman sekarang berbeda dengan guru zaman dulu. Guru sekarang IT-nya sudah hebat, hampir semuanya menguasai,” kata Warsito yang juga menjabat Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Dasar saat ditemui di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang, Selasa (26/11/2019).

Menurutnya, proses pembelajaran di masa depan, jika mengamati perkembangan media sosial sangat luar biasa. Guru harus mampu mengakses sumber pembelajaran yang dilakukan secara online. 

“Kita bisa melihat fitur-fitur yang ada di sana, kalau guru tidak mampu untuk itu, guru akan ketinggalan, bahkan muridnya akan lebih pintar,” ungkapnya.

Ada beberapa hal yang disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim, untuk para guru, agar pendidikan kita maju, antara lain adanya penguatan pendidikan karakter, penguasaan bahasa asing dan penguasaan bahasa program.

“Bahasa program adalah bahasa komputer, guru-guru harus mampu mengarah ke sana, untuk mengakses sumber pembelajaran,” tuturnya.

Namun, lanjutnya, ada sesuatu yang penting, yaitu guru jangan hanya mentransfer ilmu saja, tetapi juga harus mentransfer nilai. 

“Ilmu pengetahuan bisa diperoleh lewat online, google itu kurang apa. Guru itu kalah pintarnya dengan google, maka jangan pernah ada kita terlalu menyombongkan diri, bahwa saya paling pintar,” tegasnya.

Tetapi yang patut digarisbawahi, pemberian nilai karakter dan mendidik inilah yang tidak bisa tergantikan oleh teknologi secanggih apapun. 

“Kita pesankan kepada teman-teman itu menjadi hal yang mutlak, di samping mengajar harus mendidik. Karena esensi pendidikan itu adalah mengajar dan mendidik,” tandasnya. (MC Batang, Jateng/Heri)