Home / Berita / UKM / BUPATI BATANG SAMBUT BAIK PRODUK LOKAL MASUK KE RETAIL MODERN

Berita

Bupati Batang Sambut Baik Produk Lokal Masuk ke Retail Modern

Batang Pemerintah Kabupaten Batang terus melakukan pembinaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar produknya bisa diterima dan mampu bersaing.

"Apalagi sekarang retail toko - toko modern dari perusahaan swasta ada kepedulian dalam mengakomodasi produk pedagang UMKM dan Industri Kecil Menengah (IKM) supaya lebih berkembang," kata Bupati Batang Wihaji saat ditemui di Kantornya, Senin (18/11/2019). 

Pengusaha retail dengan toko - toko modern yang hampir ada di setiap kecamatan, lanjutnya, sudah seharusnya bersinergi antara pelaku usaha, pihak swasta atau toko swalayan dan Pemkab terjalin secara baik, karena akan memberi dampak positif bagi berbagai pihak.

"Melalui hubungan yang saling menguntungkan pedagang UMKM tradisional maupun toko modern, keduanya bisa berkembang bersama-sama dan pastinya akan berkontribusi positif pada pertumbuhan perekonomian bangsa," jelasnya.

Sementara, PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. [Alfamart] melalui Manager Regional Corporate Communication Muhammad Afran mengatakan, di tahun 2019 Alfamart sangat konsen sekali dengan produk lokal (UMKM) binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) di masing - masing daerah. 

"Sudah ada 200 produk UMKM yang berupa snack masuk di Alfamart dari beberapa tahun yang lalu, di tahun ini pula masih konsen bidang Produk IKM lokal," ujarnya.

Ia menyampaikan retailnya tidak memiliki persayaratan yang sulit dan selayaknya dan wajar, yang penting mengantongi Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) label halal dari MUI. 

"Kita tidak membatasi produknya selama tempatnya mencukupi di retail kami, dan untuk sekarang hanya produk makanan yang sudah direkomendasikan dari Disperindag di setiap daerah," jelasnya.

Ia juga berharap dengan kerjasama IKM dan UKM bersama retail Alfamart bisa maju dan tumbuh berama dengan warga sekitar, karena kita besar diawali dari toko kecil. 

"Kita masih memacu produk lokal masuk ke retail kita. Di Batang sudah kita agendakan untuk pelatihan bagi pedagang binaan Disperindag, nanti tim memilih produk mana yang layak masuk ke toko," pungkasnya. (Humas Batang, Jateng/Edo)