Home / Berita / Seni dan Budaya / GRADASI, AJANG KREASI SENI MENUJU BATANG BERBUDAYA

Berita

Gradasi, Ajang Kreasi Seni Menuju Batang Berbudaya

Batang Dalam rangka ajang kreasi seni menuju Kabupaten Batang Berbudaya, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Batang, menggelar Kreasi Budaya dan Seni (Gradasi) di Jalan Veteran Kabupaten Batang, Jumat (15/11/2019).

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Batang Uni Kuslantasi Wihaji mengatakan Gradasi menjadi langkah awal yang baik bagi budaya di Kabupaten Batang.

“PKK Kabupaten Batang sudah mempunyai sanggar kesenian Rantansari yang sudah satu tahun lebih berjalan dengan tujuan untuk memberikan ruang kepada pelajar dalam berlatih kesenian dan musik,” terangnya.

Ia menjelaskan digelarnya Gradasi yang melombakan band dan karawitan sesuai dengan visi dan misi Bupati Batang menuju Batang Heaven Of Asia 2022 dan Visit Batang 2020, karena kegiatan ini sebagai unjuk kreasi seni menuju Batang berbudaya. 

“Mulai tahun 2020 kita akan kebanjiran tamu wisatawan. Berangkat dari itu tentunya banyak investor-investor yang hadir di Kabupaten Batang, itu akan memiliki efek positif bagi pertumbuhan perekonomian,” imbuhnya.

Ia juga berharap Gradasi dapat mendekatkan anak pada kreasi seni berbudaya Indonesia, tetapi tetap harus mengikuti perkembangan jaman.

Sementara itu, Bupati Batang Wihaji mengatakan antara band dan karawitan dua jenis musik yang barangkali penggemar dan yang penikmatnya pun berbeda, tetapi ini ikhtiar dari TP PKK Kabupaten Batang. 

“Hari ini kita harus belajar banyak bahwa dengan modernisasi kita harus tetap kembali menggemari budaya kita yang sebenarnya digemari masyarakat lokal maupun luar,” ujarnya.

Bupati menjelaskan Gradasi sebagai inspirasi berbudaya yang ada di Kabupaten Batang, karena hal-hal yang unik bagian dari budaya masa lalu itu akan muncul dan trending kembali. (MC Batang, Jateng/Roza)