Home / Berita / Pendidikan / JELANG UNBK, PELAJAR PERLU TINGKATKAN KOMPETENSI KOMPUTER

Berita

Jelang UNBK, Pelajar Perlu Tingkatkan Kompetensi Komputer

Batang - Melihat anak didiknya yang beberapa bulan lagi akan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), menginisiasi pihak sekolah untuk memberikan pelatihan komputer.

“Setelah saya pantau masih banyak juga anak-anak yang bingung dalam menggerakkan kursor, memegang mouse yang benar, mencari huruf dan angka. Insya Allah dalam waktu dekat, mereka akan kami berikan pelatihan komputer pada jam khusus,” kata Kepala Sekolah Muhammad Santoso, saat meninjau pelaksaan Simulasi UNBK di Laboratorium Komputer SMPN 8 Kabupaten Batang, Rabu (13/11/2019).

Terutama lanjutnya, bagi anak-anak yang di rumah tidak memiliki laptop atau komputer, para guru sudah siap memberikan bimbingan hingga anak didiknya mahir mengaplikasikan komputer saat pelaksanaan UNBK.

Melalui ektrakurikuler komputer itu nanti pada saat try out (uji coba)UNBK pertama kali, siswa bisa melaksanakan dengan lancar.

“Itu semua dilakukan karena ujian nasional saat ini sudah menggunakan teknologi komputer yang tiap jawabannya langsung masuk ke server pusat, sehingga anak-anak  mampu memberikan jawaban yang tepat,” terangnya.

Santoso juga menyampaikan, saat ini sekolahnya telah memiliki dua laboratorium komputer dengan fasilitas pendukung yang memadai.

“Sebelumnya sekolah sudah mempunyai 40 komputer, alhamdulillah sekarang mendapat tambahan komputer baru sejumlah 15 buah. Pembagiannya laboratorium satu 27 anak dan laboratorium dua 20 anak,” ungkapnya.

Santoso menerangkan, pelajar SMPN 8 Batang yang siap mengikuti UNBK pada tahun ajaran 2019/2020 mencapai 137 anak. Secara rutin anak didik diberikan pembelajaran dan motivasi, sehingga saat menghadapi UNBK mental mereka sudah siap. (MC Batang, Jateng/Heri)