Home / Berita / Agama / MAULID NABI MUHAMMAD ASAH KREATIVITAS RELIGIUS PELAJAR

Berita

Maulid Nabi Muhammad Asah Kreativitas Religius Pelajar

Batang - Beragam cara menumbuhkan jiwa kreativitas pelajar dalam pendidikan agama. Salah satunya dengan menggelar lomba dai, tartil Alquran dan kaligrafi, dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wassalam, dengan tema “Menumbuhkan Rasa Cinta dan Meneladani Karakter Rasullullah di SMAN 2 Kabupaten Batang, Selasa (12/11/2019).

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Agus Mawardani menjelaskan, kali ini pihak sekolah berupaya mengkreasikan antara peringatan maulid nabi dengan mengasah kreativitas dan kemampuan anak didik di bidang ilmu keagamaan.

“Acara ini melatih anak supaya memiliki konsep inovasi yang agak berbeda dari tahun sebelumnya. Contohnya lomba dai melatih anak mempunyai kemampuan dalam berceramah mensyi’arkan Islam,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Agus menerangkan, dalam lomba dai, tilawah Alquran maupun kaligrafi, ke 72 peserta diwajibkan mengusung tema yang sama sesuai yang diminta panitia, yaitu menumbuhkan cinta dan meneladani rasul.

“Anak-anak diupayakan untuk meneladani karakter rasul yaitu menjadi orang yang dapat dipercaya (amanah), orang yang perkataan dan ucapannya benar (shiddiq), orang yang menyampaikan firman Allah (tabligh) dan orang yang cerdas (fathonah),” paparnya.

Agus juga mengatakan, maulid nabi ini mengajarkan anak didik menghormati perbedaan agama. 

“Jadi anak-anak mampu menghargai perbedaan agama, sehingga tidak ada rasa membenci di antara pelajar,” imbaunya. (MC Batang, Jateng/Heri)