Home / Berita / Sosial / PASUKAN ANJING CERDAS RESMI MENEMPATI KANTOR UNIT K9

Berita

Pasukan Anjing Cerdas Resmi Menempati Kantor Unit K9

Batang - Pasukan anjing cerdas yang dilatih khusus untuk membantu polisi dan personel penegak hukum di wilayah Polres Batang, Senin (11/11/2019) resmi menempati Kantor unit K9.

Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga yang meresmikan kantor tersebut mengatakan anjing cerdas yang dimiliki Polres Batang sejumlah enam di antaranya, Hokky, Belgian spesialis pelacak umum, Cindy Dutch Sepherd spesialis pelacak narkotik, Rokky German Sepherd All White spesialis pelacak narkotik. 

"Kantor yang kita resmikan untuk anggota Polisi Satwa K9, kalau dulu setelah melatih mereka kebingunan untuk istirahat, kini para pawang anjing sudah memiliki kantor untuk istirahat," kata AKBP Edi Suranta Sinulingga  

Kantor unit dibangun untuk mempermudah dalam berkordinasi dengan anggota K9, sehingga ketika sewaktu - waktu dibutuh siap digerakan. 

"Polisi Satwa bisa stanby di dikantor unit yang siap 24 jam, anjingnya pun siap digerakan kapanpun waktunya," jelas AKBP Edi Suranta 

K9 Polres Batang sudah beberapa kali ikut dalam mendukung tugas pengamanan, seperti penugasan pengamanan sepak bola, ikut dalam penjagaan PLTU, razia narkotika dan hampir semua kegiatan kita libatkan. 

Polisi Satwa K9 Polres Batang Briptu M Sayfudin menjelaskan, untuk mengasah kepekaan dan kecerdasan anjing pecakak dalam satu minggu kita latih tiga kali. 

"Untuk prestasi K9 atas nama Hokky bertugas sejak tahun 2017, dengan prestasi ikut dalam penugasan pengungkapan kasus pembunuhan pencurian dengan kekerasan di wilyah Polsek Gringsing," jelasnya. (MC Batang, Jateng/Heri)