Home / Berita / Ekonomi / PULUHAN INVESTOR TIONGKOK DATANG KE BATANG, BUPATI SIAP BERIKAN KEMUDAHAN

Berita

Puluhan Investor Tiongkok Datang Ke Batang, Bupati Siap Berikan Kemudahan

Batang Usai penandatanganan Letter oF Intent (LOI) di Central Java Investment Business Forum & Expo (CJIBF) 2019 di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (5/11/2019) lalu, sebanyak 52 Perusahaan dan 59 pengusaha Tiongkok, datang ke Kabupaten Batang karena tertarik untuk berinvestasi.

"Ada 52 Perusahaan dan 59 Pengusaha siap berinvestasi di Batang. Investor tersebut bergerak di bidang furnitur dan Batang memiliki banyak bahan bakunya," kata Bupati Batang Wihaji usai menerima pengusaha dari Negeri Tirai Bambu di Aula Kantor Bupati Batang, Kamis (7/11/2019). 

Kalau bahan baku kayu di Batang cukup melimpah karena kita memiliki Hutan Tanaman industri. Sudah ada satu perusahaan Tiongkok di Batang yang sudah beroperasi, perusahaannya sangat kooperatif dengan Pemkab Batang. 

"Kita melayani investor dan memberikan kemudahan dengan empat kepastian yakni akses jalan, internet dalan linya yang menjdaikan kewajiban pemkab, ketersediaan energi listrik yang melimpah, ketersediaan air bersih, dan kepastian sampah yang kita kelola dengan baik," jelasnya.

Investor dari Tiongkok membutuhkan 300 hektar lebih yang rencananya investasinya mmencapai Rp1 triliun, Kabupaten Batang untuk wilayah industri sudah disedikan 3310 hektar yang masuk dalam RTRW, dimulai dari Kecamatan Batang, Kandeman, Banyuptih, Subah, dan Gringsing. 

"Para Investor Tiongkok saat ini masih dalam proses melihat, kalau mereka tertarik dan yakin akan berinvestasi di Batang," ujar Bupati. 

Dijelaskan juga oleh Bupati bahwa ketertarikan mereka karena perijinan kita mudah tanpa calo, harga tanahnya masih murah, tenaga kerjanya banyak dan belum terlalu mahal dilengkapi dengan infrastruktur jalan tol, jalan nasional, Pelabuhan air dan energi. (Humas Batang, Jateng/Edo)