Home / Berita / Seni dan Budaya / KI BETA ARDA PRADANA PERAIH JUARA DALANG CILIK NASIONAL RAMAIKAN HWN

Berita

Ki Beta Arda Pradana Peraih Juara Dalang Cilik Nasional Ramaikan HWN

Batang- Ki Beta Arda Pradana, peraih juara Dalang Cilik Nasional 2019 tampil memerihakan Hari Wayang Nasional (HWN) di Alun - alun Kabupaten Batang, Kamis malam (7/11/2019).

Dalang yang masih duduk di kelas enam SDN 1 Wonotunggal mampu membius penikmat wayang kulit walau hanya tampil satu jam. Pasalnya pentas Wayang kulit tersebut berkolaborasi dengan dua dalang yakni Ki Caswono Hadi dan Ki Ryatno dengan wayang goleknya, mereka mendalang dengan lakon Alap-Alap Sukesi. 

"Selamat Hari Wayang Nasional dan hari Wayang sedunia, pentas ini merupakan nguri - uri budaya sekaligus nguripi budaya," kata Bupati Batang Wihaji.  

Pemkab Batang sangat perhatian dengan seni budaya wayang walaupun belum sempurna lanjutnya, dengan mengaloksikan dana untuk pembinaan bagi Pengurus Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi). 

"Saya sangat berterimkasih kepada Pepadi yang telah berhasil melahirkan dalang cilik yang mampu juara tingkat nasional," ujarnya.

Ki Beta Arda Pradana satu di antara generasi penerus dalam melestarikan budaya warisan leluhur bangsa, dan sudah sepatutnya mendapat apresiasi tinggi. Karena di tangan generasi penerus lah, budaya leluhur bisa terus bertahan dan diterima masyarakat. 

"Saya harap disetiap peringatan dan perayaan hari Ulang tahun Korpri atau hari besar lainnya bisa, mementaskan wayang kulit sebagai bagian melestarikan budaya," pinta Bupati. 

Sementara, Ketua Pepadi Kabupaten Batang Retno Dwi Irianto mengatakan, Hari Wayang Nasional dan Hari Wayang Sedunia di Provinsi Jawa Tengah digelar serentak di 22 Kabupaten dan Kota dengan berbagai model. 

"Kabupaten Batang malam ini menampilkan tiga dalang, walaupun ada 30 dalang yang tergabung Pepadi. Pertama tampilkan adalah adik kita yang telah tampil dan juara di tingkat nasional," jelasnya.

Retno juga mengatakan Pepadi Kabupaten Batang berupaya menggelar pentas wayang yang lebih kreatif dan inovatif agat diterima kalangan mellenial. Hal ini sebagai wujud melestarikan budaya sebagai tontonan yang menghibur memberikan pesan moral untuk kemajuan nusa, bangsa, dan agama.

"Untuk mempromosikan Ki Beta Arda Perdana Pepadi akan sering memberikan kesempatan tampil, di ulang tahun Korpri dalam waktu dekat kita tampilkan di Pendopo Pemkab Batang untuk menghibur ASN," pungkasnya. (Humas Batang, Jateng/Edo)