Home / Berita / Sosial / DITRESNARKOBA POLDA JATENG RAZIA WARGA BINAAN RUTAN ROWOBELANG BATANG

Berita

Ditresnarkoba Polda Jateng Razia Warga Binaan Rutan Rowobelang Batang

Batang - Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jawa Tengah, melakukan razia peredaran narkoba kepada seluruh warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Rowobelang Kelas II B, Kabupaten Batang, Rabu (6/11/2019).

Razia yang melibatkan puluhan personil Polda Jateng dan Polres Batang dipimpin oleh Kabag Binops Ditresnarkorba Polda Jateng AKBP Dyah Trinugrahjati didampingi oleh Kasat Narkoba Polres Batang AKP Edi Sutrisno, serta Paurkes dr Cipto Waluyo. 

"Dari hasil razia dan tes urin bagi warga binaan Rutan Rowobelang Batang, Alhamdulillah dari 93 warga binaan narkoba semuanya negatif," kata AKBP Dyah Trinugrahjati.

Razia yang dilakukan oleh Polda Jateng, lanjutnya, merupakan kegiatan rutin yang telah terprogram, kegiatan ini biasa dilakukan di seluruh Lapas maupun Rutan yang masuk dalam wilayah hukum Polda Jateng. 

"Razia ini diharapkan dapat menghentikan peredaran narkoba di lingkungan Lapas, Rutan sebagai pengendali, pengedar, kurir, ataupun pengguna. Jadi lapas bebas dari Narkoba," jelas AKBP Dyah Trinugrahjati. 

Ia berharap kepada rutan Rowobelang Batang agar warga binaan kasus narkoba bisa di pisah atau di blok tersendiri, karena kita takutkan kalau bercampur dengan warga binaan lainnya bisa terkontaminasi nantinya. 

Sementara, Kepala Rumah Tahanan Kelas II B Batang Yusup Gunawan melalui Kasubsi Pengelolaan Mustofa mengatakan jumlah toal warga binaan Rutan sebanyak 292 penghuni, dengan penghuni wanita sebanyak 13 orang dan selebihnya laki - laki, untuk Napi Narkoba sebanyak 93 orang. 

"Kita terus lakukan pembinaan dengan membentuk Pondok Pesantren agar mereka bisa belajar agama dan antisipasi untuk dirinya sendiri dari hal - hal negatif," jelasnya.

Tidak hanya itu, imbuhnya, Rutan juga bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Batang yang secara rutin melakukan tes urin bagi napi, di pertengahan Oktober 2019 lalu juga sudah dilakukan tes urin dengan hasil negatif. (Humas Batang, Jateng/Edo)