Home / Berita / Pendidikan / BPS BATANG BERI KESEMPATAN MAHASISWA JADI PETUGAS SENSUS 2020

Berita

BPS Batang Beri Kesempatan Mahasiswa Jadi Petugas Sensus 2020

Batang - Menjelang Sensus Penduduk 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Batang mengajak mahasiswa berperan aktif, mensosialisasikan event nasional terbesar melalui media sosial maupun menjadi petugas srnsus, agar partisipasi masyarakat meningkat, di Kampus Universitas Diponegoro Jalan Dr. Wahidin Kabupaten Batang, Selasa (5/11/2019).

“Adik-adik mahasiswa juga bisa membantu BPS Batang secara langsung dengan cara ikut mendaftar menjadi Calon Petugas Sensus Penduduk 2020. Pengumuman waktu pendaftaran hingga hasil seleksi akan diumumkan melalui website resmi : batangkab.bps.go.id,” papar Staf Statisitik Sosial BPS Batang, Setiawan Budi Santoso.

Dipilihnya adik-adik mahasiswa pada kegiatan sosialisasi ini, karena memiliki jaringan yang luas, baik pertemanan di media sosial maupun dalam keorganisasian,” terangnya.

Ia menjelaskan, dukungan lain yang dapat diberikan para mahasiswa, antara lain data yang lebih valid dan dapat dipertanggungjawabkan. 

“Adik-adik mahasiswa juga bisa membantu kami untuk mensosialisasikan kepada keluarga dan orang-orang terdekatnya, bahwa di tahun 2020 nanti dengan mengisikan data yang betul, sudah bisa membantu pemerintah mendapatkan data yang berkualitas,” paparnya.

Menurutnya, peran mahasiswa sangat penting, karena melalui data berkualitas, di masa depan dapat digunakan untuk mendukung perencanaan pembangunan yang lebih baik.

Sememtara salah seorang mahasiswi Ramira Ramdana Riyani mengungkapkan ketertarikannya untuk ikut berpartisipasi menyukseskan Sensus Penduduk 2020, secara langsung maupun menjadi petugas sensus.

“Kalau ada kesempatan untuk jadi petugas sensus, kenapa nggak?. Ya coba-coba dulu, siapa tahu lolos, jadi bisa ikut berperan langsung menyukseskan Sensus Penduduk 2020,” ungkapnya.

Ramira mengatakan, masyarakat harus memberikan data yang valid, karena manfaatnya akan dapat dirasakan langsung di masa depan, bahkan oleh anak cucu kita.

“Sensus online memang lebih praktis dan cepat, tapi akan lebih baik jika dilakukan secara manual, karena faktanya bisa dilihat langsung sesuai kenyataan,” ujarnya.

BPS Batang berencana membuka pendaftaran Calon Petugas antara bulan Februari hingga Maret 2020 mendatang. (MC Batang, Jateng/Heri)