Home / Berita / Pemerintahan / PERTAHANKAN WTP, PEMKAB BATANG GELAR BIMTEK AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL

Berita

Pertahankan WTP, Pemkab Batang Gelar Bimtek Akuntansi Berbasis Akrual

Batang - Ingin pertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Pemerintah Kabupaten Batang gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Akuntansi Berbasis Akrual di Hotel Sendang Sari Kabupaten Batang, Senin (4/11/2019).

"Bimtek akrual adalah penerapan sistem agar penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2019 yang akan diperiksa BPK harus menggunakan sistem," kata Sekretaris Daerah Nasikhin usai membuka Bimtek. 

Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas sebagai akuntan di Pemkab Batang mendapatkan bimbingan langsung untuk memanfaatkan sistem akrual, lanjutnya, karena ini untuk mempertahankan opini WTP yang selama ini belum tersistem secara lengkap. 

"Tahun lalu sudah diperingkatkan oleh BPK, untuk segera menggunakan sistem. Oleh karena itu, mau tidak mau tahun ini harus menggunakan sistem akuntansi berbasis akrual dari Badan Pengawasan Keungan dan Pembangunan (BPKP)," jelasnya.

Bimtek yang bekerja sama dengan BPK, dengan harapan dapat mempertahankan opini WTP karena merupakan hal penting bagi Pemda untuk mendapatkan reward dari Pemerintah pusat. 

"Opini WTP sekarang menjadi salah satu basis pertimbangan pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi ASN," imbuhnya. 

Sementara, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah Kabupaten Batang Bambang Supriyanto menjelaskan, akuntasi berbasis akrual merupakan sistem yang dibangun oleh BPK, untuk melakukan pemeriksaan atau mengaudit semua transaksi keuangan dan aset yang ada di Pemkab. 

"Pelatihan sistem akrual untuk memberikan pelatihan unruk menyambungkan sistem aplikasi e-planning, e-budgetting dan SIMDA keuangan dan barang atau aset, karena tahun lalu belum terkoneksi, sehingga pemeriksaan lebih mudah," jelasnya.

Bimtek diikuti 98 petugas akuntansi di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Batang, yang terbagi menjadi dua angkatan yang akan berlangsung pada 4-7 November 2019. (Humas Batang, Jateng/Edo)