Home / Berita / Sosial / KALIPUCANG KULON AWALI PEMBENTUKAN DESA LAYAK ANAK DI BATANG

Berita

Kalipucang Kulon Awali Pembentukan Desa Layak Anak di Batang

Batang - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Batang, mengapresiasi langkah Desa Kalipucang yang menginisiasi terbentuknya Desa Layak Anak, sebagai realisasi Kabupaten Layak Anak (KLA).

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Batang, Muchlasin melalui Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak, Esti Herlina mengharapkan semua desa se-Kabupaten Batang menjadi Desa Layak Anak. Terlebih beberapa bulan yang lalu, Kabupaten Batang memperoleh penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, sebagai Kabupaten Layak Anak dengan predikat Pratama di Makassar.

“Kami mengarahkan bulan depan sudah membuat SK Gugus Tugas di desa itu,” pinta Esti saat ditemui di Kantor DP3AP2KB Kabupaten Batang, Senin (4/11/2019).

Ia menambahkan, selama ini Dana Desa lebih diutamakan untuk perbaikan sarana prasarana. Padahal kepentingan masyarakat desa tidak hanya infrastruktur saja, melainkan pemberdayaan warganya. 

“Pemberdayaan itu nantinya digunakan untuk peningkatan kapasitas masyarakat yakni peningkatan pengetahuan tentang KLA, hukum pernikahan dini dan pencerahan terhadap sesama warga bahwa ada pengaruh buruk dari penyalahgunaan narkoba,” paparnya.

Menurutnya, pembangunan KLA tidak hanya bergantung pada DP3AP2KB saja, tetapi merupakan kerja dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

“Salah satunya di dunia pendidikan, saat ini sudah dibuat Zona Selamat Sekolah, mulai dari SMPN 1 Batang hingga Kandeman. Zona itu adalah sebuah tanda dengan warna merah, agar para pengendara berhati-hati, paling tidak mengurangi kecepatan saat mulai mendekati kawasan itu, sehingga anak-anak selamat sampai ke gerbang sekolah,” tegasnya.

Ditemui di tempat yang berbeda, Kepala Seksi Pelayanan Desa Kalipucang Kulon, Dwi Listiyowati menuturkan, untuk mendukung KLA, warga Desa Kalipucang Kulon sudah mulai diberdayakan melalui berbagai kegiatan yang memiliki kaitan dengan perlindungan anak.

“Seperti kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) dan Posyandu yang sebetulnya sudah biasa dilakukan tapi ada sebagian warga yang belum tahu betapa pentingnya itu. Maka ke depan aparat desa bersama warga harus bekerja keras, supaya Desa Layak Anak terwujud dengan baik, demi menyukseskan KLA,” tandasnya. (MC Batang, Jateng/Heri)