Home / Berita / Pemerintahan / MBAH RURIAH BERSAMA WAKIL BUPATI BATANG RESMIKAN JALAN HASIL TMMD

Berita

Mbah Ruriah Bersama Wakil Bupati Batang Resmikan Jalan Hasil TMMD

Batang - Mbah Ruriah (72) warga Desa Wonodadi menjadi saksi sejarah peresmian jalan desanya saat Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) sengkuyung III di Desa Wonodadi, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Kamis (31/10/2019).

"Ora ngiro yen dikon gunting pita sama Pak Wakil Bupati Batang Suyono, matur nuwun dalane saiki wis alus (saya kaget diminta untuk menggunting pita dan meresmikan jalan oleh Wakil Bupati Batang Suyono, terimakasih sekarang jalannya sudah halus)," kata Mbah Ruriah saat ditunjuk Wakil Bupati Batang Suyono untuk meresmikan jalan. 

Sebelumnya, Wakil Bupati Batang Suyono mengucapkan rasa terimakasihnya kepada TNI Kodim 0736/Batang, Polres Batang dan masyarakat yang telah bersama - sama membangun jalan desa. 

"Jalan ini menjadikan warga desa sejahtera, karena ukuran sejahtera bukan hanya uang, tapi segala sesuatu yang memudahkan kegiatan masyarakat," ujarnya. 

Ia menerangkan infrastruktur jalan yang dibangun dan diaspal mempermudah masyarakat dalam beraktifitas, maupun akses ekonomi menjadi lancar. Sehingga, pembangunan pengaspalan jalan bagian dari kesejahteraan masyarakat. 

"Oleh karena itu, mari bersama-sama peduli untuk merawat jalan, kalau ada kerusakan kecil mari kita gotong royong untuk menambal. Jadi jalan bisa dilewati sepanjang masa karena ini merupakan kenangan dari TNI dan Polri untuk masyarakat," jelasnya. 

Wakil Bupati juga meminta masyarakat untuk menjaga guyub rukun mempererat silaturahmi karena itu budaya Bangsa. Jangan mudah dihasut dan diprovokasi oleh paham - paham radikalisme tetap menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat desa. 

Sementara Komandan Kodim (Dandim) 0736/Batang Letkol Kav. Henry RJ Napitupulu menjelaskan kegiatan TMMD Sengkuyung III tahun anggaran 2019 telah melaksanakan pengaspalan jalan sepanjang 3mx1400m dan pembuatan tebing penahan jalan 3mx5m. 

“Tidak hanya membangun fisik tapi kegiatan TMMD juga memberikan penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, hidup bersih dan sehat, dan rumah sehat,” imbuhnya.

Dandim menambahkan untuk membangkitkan semangat wirausaha warga desa, TMMD juga memberikan penyuluhan pembibitan tanaman keras dan budidaya ikan lele.

"Penutupan TMMD juga diserahkan pula bantuan sembako kepada warga kurang mampu, bakti sosial sunatan masal, serta pemberian bantuan air bersih," jelasnya.

Kegiatan TMMD berlangsung selama 30 hari pada 2-31 Oktober 2019, dengan sumber dana dari ABPD Provinsi Jawa Tengah Rp235 juta, ABPD Kabupaten Batang Rp200 juta yang totalnya mencapai Rp435 juta. (Humas Batang, Jateng/Edo)