Home / Berita / Pemuda dan Olahraga / PERBASI BATANG, TARGETKAN ATLETNYA MASUK PORPROV

Berita

PERBASI Batang, Targetkan Atletnya Masuk PORPROV

Batang - Salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada event tahunan Pekan Olahraga Pelajar Tingkat Daerah (POPDA), sekaligus menjadi perhatian utama Pemerintah Kabupaten Batang, agar di tahun depan dapat maju ke tingkat Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV), adalah bola basket.

“Kalau untuk maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah, memang masih lumayan berat, karena keberadaan PERBASI baru satu tahun. Dan untuk pembinaan baru kita lakukan selama tiga bulan ini,” tutur Panitia Pelaksana POPDA dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Bekti Firmantomo, saat ditemui pada pelaksanaan pertandingan bola basket tingkat SMP di lapangan basket Dracik Kampus, Kelurahan Proyonanggan, Kabupaten Batang, Kamis (31/10/2019).

Bekti memperkirakan, jangka waktu untuk dapat menetaskan atlet-atet basket profesional, antara satu hingga dua tahun, target itu baru bisa terpenuhi. 

“Kalau tingkat kabupaten, perkembangannya sangat bagus. Antusias dari SMP-SMP lai seperti Limpung, Tulis dan Warungasem sudah mulai bermunculan,” ungkap pria yang juga menjabat sebagai bendahara PERBASI Batang.

Hal itu disebabkan, lanjutnya, karena kita menggelar program tahunan Batang Basketball League (BBL) yang menumbuhkan semangat bagi mereka, bermain basket di lapangan Dracik Kampus.

“Adanya POPDA ini, akan bermunculan bibit-bibit baru lagi untuk kita bina, untuk difokuskan menuju PORPROV, Kejurda dan POPDA Provinsi,” harapnya.

Setelah dibangunnya lapangan bola basket di kawasan Dracik Kampus, ternyata mendapatkan sambutan yang sangat luar biasa dari para atlet pelajar.

“Mereka yang mencintai dunia bola basket sangat berterima kasih kepada Pemkab Batang, karena selama satu tahun ini mempunyai sarana menyalurkan bakat di lapangan yang fasilitasnya sudah sesuai standar. Anak-anak bebas berlatih setiap hari tanpa halangan dari pihak mana pun,” sanjungnya.

Salah seorang peserta POPDA cabang olahraga basket, Aji Wicaksono dari SMPN 6 Batang menuturkan, sangat senang dapat mengikuti POPDA di lapangan basket yang fasilitasnya sudah berstandar.

“Untuk maju ke POPDA, kami sudah secara rutin berlatih dan menyiapkan stamina agar prima saat bertanding menghadapi lawan dari sekolah lain,” terangnya.

Aji mengharapkan, lapangan baru yang telah dibangun Pemkab ini, dapat menelurkan atlet-atlet basket yang profesional di Batang. (MC Batang, Jateng/Heri)