Home / Berita / Pembangunan / MAHASISWA UNDIP BATANG DIMINTA SUKSESKAN GOVERNMENT PUBLIC RELATIONSHIP

Berita

Mahasiswa Undip Batang Diminta Sukseskan Government Public Relationship

Batang - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah, menggelar Focus Discusion (FGD) Peran Opini Publik Dalam Government Public Relation di Hotel Sendang Sari Kabupaten Batang, Selasa (29/10/2019).

FGD ini juga menampilkan ahli komunikasi Universitas Diponegoro Agus Naryoso yang diikuti oleh sejumlah staf Diskominfo Jawa Tengah dan Kabupaten Batang, serta seluruh mahasiswa Undip Batang.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi dan Publik Diskominfo Provinsi Jawa Tengah Setyo Irawan, mengatakan ingin mengevaluasi terkait dengan publikasi yang dilakukan oleh Diskominfo.

“Karena publikasi kita bersifat satu arah, begitu ada berita kemudian dipublikasikan kepada masyarakat, maka dari itu yang perlu kita evaluasi adalah konten yang dipublikasikan harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Dengan diadakan FGD, lanjutnya, diharapkan adanya masukan dari para mahasiswa dan masyarakat pada umumnya, kira-kira apa saja publikasi yang diinginkan masyarakat, sehingga berjalan efektif.

Sementara itu, selaku Narasumber Agus Naryoso, menyampaikan kepada seluruh peserta FGD agar membentuk opini publik bisa tersampaikan secara efektif. 

“Pemerintah Provinsi perlu mengadakan survei-survei untuk mengevaluasi dan memperbaiki kualitas sistem dan produk kehumasan, misalnya apakah publik sudah aware dengan apa yang selama ini dilakukan pemprov untuk kepentingan masyarakat,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Informasi Komunikasi dan Publik Diskominfo Kabupaten Batang Puji Setyowati selaku moderator menyimpulkan, mobilisasi media sosial, baik yang pribadi maupun yang menjadi akun resmi institusi, dibutuhkan sebagai bentuk pemanfaatan kolaboratif yang bisa membantu penyebaran informasi-informasi dari lembaga humas. 

“Sehingga, penyebaran informasi untuk tujuan membentuk opini tidak bergantung hanya pada portal resmi institusi, tetapi persebarannya dipercepat dan diperluas dengan media sosial,” imbuhnya. (MC Batang, Jateng/Jumadi)