Home / Berita / Kesehatan / PERIKSA KEBUGARAN TUBUH CALHAJ DENGAN ROCKPORT

Berita

Periksa Kebugaran Tubuh Calhaj dengan Rockport

Batang - Sebanyak 200 calon jamaah haji dari 750 jumlah keseluruhan masyarakat Kabupaten Batang yang akan menunaikan ibadah haji tahun 2020 mengikuti tes kebugaran menggunakan metode Rokcport dengan tujuan untuk mengetahui kondisi tubuh sesuai usia, yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang di lapangan Dracik Kampus Proyonanggan Kabupaten Batang, Kamis (24/10/2019).

Kepala Dinkes dr. Hidayah Basbeth mengatakan, Rockport merupakan tes jalan dan atau lari sejauh 1,6 kilometer tanpa berhenti. 

“Kalau memang ada yang sudah usia tua, sakit-sakitan ya cukup berjalan, tidak boleh berlari. Kemudian kalau ada yang bisa berlari ya berlari, karena hitungannya untuk laki-laki dan perempuan berbeda,” terangnya.

dr.Basbeth menjelaskan, setelah mereka dites lari, kemudian diukur denyut nadi dan tekanan darahnya, serta cek kesehatan secara keseluruhan.

“Hal itu dilakukan supaya saat mereka menunaikan ibadah haji, tubuhnya tetap bugar,” tuturnya.

Pihak Dinas Kesehatan berharap kegiatan itu tidak hanya dilakukan saat ini saja, tetapi digiatkan secara rutin, setiap saat jalan kaki atau lari-lari kecil di sekitar rumah.

“Jadi mereka biar menjaga kebugaran tubuhnya,” ungkapnya.

Menurutnya, jika ditemukan calon jamaah haji yang terindikasi menderita penyakit yang cukup kronis, mereka harus dirujuk ke dokter spesialis dan tidak boleh lepas dari obat serta terus dalam pantauan dokter keluarga.

“Di Tanah Suci, kita itu nanti jalan kaki, jarak antara pemodokan dengan tempat menjalankan kewajiban haji cukup jauh, paling tidak satu kilometer. Jadi alangkah baiknya kalau dari sekarang sudah dipersiapkan,” paparnya.

Fathur, salah seorang calon jamaah haji, menuturkan, kegiatan tes kesehatan yang diselenggarakan oleh Dinkes, memang terbilang cukup awal. Namun manfaatnya cukup besar bagi kesehatan tubuh para calon jamaah haji.

“Kegiatan ini memang membuat capek, tapi demi kebugaran tubuh dan menyiapkan fisik serta mental sebelum berangkat ke Tanah Suci insya Allah tahun 2020, sangat bagus kalau perlu ditingkatkan lagi,” ungkapnya. (MC Batang, Jateng/Heri)