Home / Berita / Kesehatan / CAPAI ODF, DINKES BATANG INGINKAN SELURUH DESA STOP BABS

Berita

Capai ODF, Dinkes Batang Inginkan Seluruh Desa STOP BABS

Batang - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang, menggelar pertemuan advokasi Bupati dengan Kepala Desa dalam upaya STOP Buang Air Besar Sembarangan (BABS) seluruh desa di Aula Kantor Bupati Batang, Senin (21/10/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Hidayah Basbeth mengatakan perilaku BABS masih sering terjadi, maka dari itu STOP BABS untuk menuju Open Defecation Free (ODF) seluruh desa yang ada di Kabupaten Batang. ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak BABS.

“STOP Buang Air Besar Sembarangan (BABS) akan memberikan manfaat antara lain, menjaga lingkungan menjadi bersih, sehat, nyaman dan tidak berbau, tidak mencemari sumber air, serta tidak mengundang serangga dan binatang yang dapat menyebar luaskan bibit penyakit, sehingga dapat mencegah penyakit menular,” jelasnya.

Ia menambahkan kepemilikan jamban di Kabupaten Batang sebetulnya sudah cukup baik. 

“Sampai Oktober 2019 warga yang tidak BABS sudah mencapai 84 persen, atau masih 16 persennya yang belum sadar,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Batang Wihaji mengatakan masih ada sejumlah wilayah di masing-masing kecamatan yang perlu perhatian mengenai jamban sehat, karena masih banyak warga melakukan BABS.

“Saya akan mendukung gerakan jamban sehat ini, tetapi dengan catatan dalam peruntukan dana dari pemerintah daerah maupun dana desa, minimal berkepihakannya untuk membantu masyarakat yang belum mempunyai jamban agar bisa dibantu dibuatkan jamban,” terangnya.

Upaya untuk mengubah perilaku kebiasaan warga yang masih BABS, lanjutnya, dengan aturan yang bersifat memaksa, seperti penyuluhan terus menerus, merubah perilaku, mensosialisasikan manfaat jamban, dan memberi bantuan jamban kepada keluarga kurang mampu, karena jika tak dipaksa akan sulit terealisasi. (MC Batang, Jateng/Roza)