Home / Berita / Kesehatan / BIASAKAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN UNTUK MENJAGA KESEHATAN

Berita

Biasakan Cuci Tangan Pakai Sabun Untuk Menjaga Kesehatan

Batang - Sehat atau tidaknya tubuh manusia salah satu faktor penentunya adalah tangan. Maka melalui Hari Cuci Tangan Sedunia, Ketua Tim Peggerak PKK Kabupaten Batang, Uni Kuslantasi Wihaji mengajak para pelajar membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dengan melakukan Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun di SD Negeri I Karang Tengah Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Rabu (16/10/2019).

Uni Kuslantasi mengatakan, begitu banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh tangan, sehingga mengakibatkan tangan menjadi sumber timbulnya bakteri dan kuman. Untuk menjaga kesehatan, salah satu gerakan yang dapat dijadikan pembiasaan bagi anak yaitu dengan mencuci tangan menggunakan sabun setiap kali akan melakukan aktivitas, maupun setelah selesai beraktivitas.

“Ada beberapa sekolah yang kami kunjungi, untuk mendukung anak-anak supaya membiasakan cuci tangan dari segala aktivitas,” tuturnya.

Untuk menjaga lingkungan sekolah tetap sehat, menurut Uni Kuslantasi, harus ada tiga komponen yang harus bersinergi. 

“Yaitu guru, wali murid dan anak didik yang harus bekerja sama. Di sekolah ini, sudah pantas menjadi Juara Sekolah Adiwiyata, karena warganya terbiasa dengan perilaku yang mencerminkan hidup bersih dan sehat, mulai dari memungut sampah jika melihatnya di sekitar sekolah,” tegasnya.

Wakil Kepala SD Negeri Karang Tengah, Supriyanti menerangkan, anak-anak didik termotivasi untuk selalu membiasakan PHBS dalam kehidupan sehari-hari. 

“Bapak/Ibu guru selalu mensosialisasikan dan langsung mempraktikkan kepada anak-anak agar selalu membiasakan cuci tangan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Supriyanti menegaskan, bahwa di lingkungan sekolah yang telah menjadi Adiwiyata ini, menyiapkan 10 pancuran dan 14 wastafel untuk mempermudah siswa mencuci tangan setiap selesai beraktivitas.

“PHBS tidak hanya dengan cuci tangan saja, tapi juga dengan mengonsumsi makanan sehat mulai dari sekolah,” katanya.

Sementara menurut Kepala Puskesmas Subah, dr. Ida Susilaksmi, pelajar di SD Karang Tengah memang memiliki kesadaran yang tinggi untuk membiasakan hidup bersih dan sehat.

“Dengan melakukan gerakan cuci tangan pakai sabun, merupakan salah satu bentuk perwujudan PHBS yang harus dilakukan di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Tindakan lain lanjutnya, yang mencerminkan PHBS yakni anak-anak selalu mengonsumsi makanan sehat di kantin sekolah. Membiasakan olahraga secara teratur dan terukur. 

“Menimbang berat badan dan tinggi badan setiap bulan, membuang sampah pada tempatnya, memberantas jentik nyamuk, menggunakan jamban yang bersih dan sehat serta lingkungan yang bebas dari asap rokok,” papar dr.Ida Susilaksmi.

dr. Ida menambahkan, lingkungan sekolah yang banyak ditumbuhi pepohonan dan berbagai tanaman, tentu membuat lingkungan asri, meningkatkan jumlah oksigen dan mengurangi polusi.

“Sehingga warga sekolah menjadi lebih sehat saat mengikuti kegiatan belajar dan mengajar,” tandasnya. (MC Batang, Jateng/Heri)