Home / Berita / Kesehatan / DINKES BATANG GELAR LOMBA BALITA SEHAT

Berita

Dinkes Batang Gelar Lomba Balita Sehat

Batang - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang, menggelar Lomba Balita Sehat Tingkat Kabupaten Batang di Aula Gedung Pramuka Kabupaten Batang, Selasa (8/10/2019).

Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi sekaligus selaku Ketua Pelaksana Khotiq Muyaningrum mengatakan, lomba ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan di Kabupaten Batang. Kegiatan tersebut dilaksanakan guna menyambut Hari Kesehatan Nasional pada 12 November 2019 mendatang.

“Lomba ini termasuk salah satu bentuk evaluasi juga mengukur angka stunting dan angka kematian balita di Kabupaten Batang. Pada tahun 2018 lalu merupakan tahun yang paling bagus dari tujuh tahun terakhir dengan jumlah 170 kasus,” ujarnya.

Ia menambahkan pula bahwa lomba ini terdiri dari dua kategori yaitu A (6-23 Bulan) dan B (24-59 Bulan). Dilihat dari pemenang pada tahun sebelumnya yang juara ternyata memberikan ASI secara eksklusif kepada balita, sehingga menjadi contoh bahwa dengan memberi ASI eksklusif dapat memberikan dampak yang luar biasa. 

“Peserta terdiri dari 21 puskesmas se Kabupaten Batang dengan dua kategori, sehingga berjumlah 42 peserta. Hadiahnya pun nanti berupa uang pembinaan dan sepeda yang akan diserahkan ketika Hari Kesehatan Nasional, kemudian bagi pemenang akan diikutkan ke perlombaan tingkat provinsi Jawa Tengah,” pungkasnya.

Salah satu orangtua peserta balita sehat dari Kecamatan Gringsing Istianah mengatakan bahwa ia senang dengan adanya kegiatan ini.

“Acaranya bagus untuk perkembangan dan kesehatan balita semoga setiap tahun ada kegiatan seperti ini lagi,” ujarnya. (MC Batang, Jateng/mgg/Ardhy)