Home / Berita / Pemerintahan / KEMENPANRB GELAR BIMTEK PENGELOLAAN SIPP DAN SP4N-LAPOR SE-JATENG

Berita

KemenPANRB Gelar Bimtek Pengelolaan SIPP dan SP4N-Lapor se-Jateng

Semarang - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Informasi Birokrasi (KemenPANRB) Republik Indonesia, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) dan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)-Lapor se-Provinsi Jawa Tengah di Hotel Harris Kota Semarang, Senin (7/10/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Bagian Organisasi, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Batang.

Asisten Perumusan Kebijakan dan Pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik Muhammad Imanuddin mewakili Deputi Pelayanan Publik Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Informasi Birokrasi Diah Natalisa mengatakan Bimtek ini bertujuan untuk memperkenalkan cara pengelolaan SIPP dan SP4N-Lapor kepada pemerintah daerah sebagai sarana publikasi pelayanan publik.

“Pengelolaaan pengaduan pelayanan publik dan penyediaan informasi pelayanan publik melalui sistem informasi pelayanan publik merupakan dua hal yang diwajibkan oleh Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,” jelasnya.

Ia menambahkan SIPP merupakan media informasi elektronik satu pintu meliputi penyimpanan dan pengelolaan informasi serta mekanisme penyampaian informasi dari penyelenggara pelayanan publik kepada masyarakat.

“SP4N-Lapor merupakan sistem yang terintergrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang dalam setiap penyelenggara dalam kerangka sistem informasi pelayanan publik,” sambungnya.

Ia menjelaskan fokus evaluasi pengelolaan SIPP meliputi kepemilikan akun, keaktifan akun, pengisian profil instansi, pengisian data jenis layanan, dan kualitas pengisian data jenis layanan.

“Sedangkan, fokus evaluasi pengelolaan SP4N-Lapor meliputi kepemilikan akun, keaktifan akun, jumlah laporan, presentase laporan yang ditindak lanjuti, rata-rata tindak lanjut, dan kualitas tindak lanjut,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Biro Organisasi Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Ihwan Sudrajat berharap agar pengelolaan SIPP dan SP4N-Lapor diterapkan di seluruh Kabupaten/Kota. 

“Dengan digelarnya Bimtek ini untuk menuju keterbukaan informasi, diharapkan birokrasi tidak lagi kaku dan monoton. Birokrasi bisa menyesuaikan dengan lingkungan strategis,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Roza)