Home / Berita / Kesehatan / ANTRIAN PUSKESMAS TULIS, APLIKASI PENDAFTARAN ONLINE BAGI PASIEN

Berita

Antrian Puskesmas Tulis, Aplikasi Pendaftaran Online Bagi Pasien

Batang - Puskesmas Tulis merintis pendaftaran online bagi pasien, layanan ini diklaim pertama kali di Jawa Tengah.

Kepala Puskesmas Tulis Ali Balkhi, menegaskan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan, pihaknya bersemangat untuk terus berinovasi, salah satunya dengan membuat pendaftaran online. 

"Layanan online ini pertama kali diterapkan di puskemas di Jawa Tengah, persiapannya sudah 90 persen, jadi rencananya  akan dilaunching bulan Oktober ini," ujarnya di Puskesmas Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Kamis (3/10/2019).

Ia menjelaskan teknis pendaftaran online dimulai dari pasien mendownload aplikasi di play store dengan kata kunci Antrian Puskesmas Tulis online. 

Setelah itu, lanjutnya, pasien cukup mendaftarkan diri dari rumah ke poli yang dituju. Kelebihan layanan ini selain mempermudah proses pendafaran, pasien juga bisa melihat secara realtime daftar antrian, sehingga tidak perlu menunggu lama di puskesmas. 

"Pendaftaran online aktif selama 24 jam, pasien yang ingin menikmati layanan ini, harus mendaftarkan sehari sebelumnya atau H-1, ini tidak berlaku untuk kejadian tertentu seperti kecelakaan dan sebagainya," katanya. 

Dijelaskan Ali, aplikasi daftar online berisi daftar Poli, daftar antrian, informasi puskesmas dan lainnya. Harapan dari aplikasi ini masyarakat semakin nyaman dengan pelayanan, terutama di era teknologi yang mana android sudah menjadi barang umum. 

"Pendaftaran online tidak ada batasan antrian, meskipun biasanya antrian maksimal di puskesmas Tulis 200 antrian namun di aplikasi disetting tidak terbatas," terangnya. (MC Batang, Jateng/wan/Ardhy)