Home / Berita / Kegiatan Keagamaan / JAMAAH HAJI BATANG HARUS RUKUN DAN KOMPAK

Berita

Jamaah Haji Batang Harus Rukun dan Kompak

Pemerintah Kabupaten Batang bekerjasama dengan Kementerian Agama menyelenggarakan kegiatan Pelepasan Jamaah Calon Haji Kabupaten Batang sebanyak 698 orang yang terdiri dari laki-laki 336 orang dan perempuan 362 orang. Menunaikan ibadah haji adalah sesuatu yang amat dirindukan oleh setiap umat Islam, bahkan oleh yang telah menunaikannya berkali-kali sekalipun. Karena itu, bagi yang dimudahkan Allah untuk bisa menunaikan ibadah haji tahun ini agar menggunakan kesempatan emas itu dengan sebaik-baiknya. Sebab, belum tentu kesempatan menunaikan ibadah haji itu datang kembali kata Wakil Bupati Batang Soetadi pada saat memberikan arahan pada acara Pelepasan Jamaah Calon Haji Kabupaten Batang tahun 2016 di pendopo Kabupaten Batang senin 1 agustus 2016. 

Soetadi berharap kepada para calon jamaah haji untuk dapat menjaga kesehatan diri sendiri dan untuk saling membantu satu sama lain. Patuhi tata cara ibadah haji karena bapak ibu sudah diberi bekal pada saat manasik haji dan harapanya para calon jamaah haji ini harus mengetahui cuaca di mekah dikarenakan perbedaan suhu di Mekah lebih panas di banding di Indonesia. Kepada para jamaah calon haji tolong laksanakan hal-hal yang positif saling gotong royong, saling membantu dan saling mengingatkan satu sama lain dan jamaah calon haji nanti harus rukun dan kompak , karena Ibadah haji merupakan ibadah yang cukup berat, baik dari segi persiapan maupun pelaksanaannya. Itulah sebabnya ibadah haji hanya diwajibkan sekali seumur hidup. Oleh karena itu, sebagai bekal dalam menjalankan ibadah, saya berharap Bapak-Ibu dapat menanamkan niat dengan penuh ikhlas, semata-mata karena memenuhi panggilan Allah SWT tandas soetadi. Soetadi mengatakan bahwa Pemkab batang juga akan membuat Perda tentang haji yang mencakup terkait tata cara, atau hal-hal yang diperlukan calon jamaah haji , terkait sarana untuk manasik haji ini akan disusun perda tentang haji. Karena perda haji tersebut perlu di buat mengingat dari pengalaman ini akan dibuat perda terkait pengaturan jamaah haji. Kepala Kementerian Agama Kabupaten Batang Noor Rosyid mengatakan untuk calon jamaah haji kabupaten batang tahun ini sebanyak 698 orang. Adapun pemberangkatannya di bagi tiga kloter yakni kloter 3, kloter 49 dan kloter 50. 

Untuk kloter 3 sebanyak 355 orang dari calon jamaah haji batang penuh yang akan berangkat dari Kabupaten Batang pada hari selasa 9 agustus 2016 jam 10.30 siang dan diharapkan tiba di embarkasi solo jam 16.00 wib dan akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada rabu 10 agustus 2016. Kemudian untuk kloter 49 sebanyak 172 orang calon jamaah haji batang akan bergabung dengan kabupaten tegal sebanyak 183 orang serta kloter 50 sebanyak 171 orang calon jamaah haji batang akan bergabung dengan kabupaten Brebes sebanyak 184 orang, untuk kloter 49 dan 50 akan berangkat dari batang pada hari minggu tanggal 28 agustus 2016 pada jam 01.00 dini hari dan diharapkan sampai di embarkasi solo jam 7 pagi ujar Noor Rosyid. Harapannya untuk calon jamaah haji ini bisa diberangkatkan sukses dan lancar, semoga mendapatkan predikat haji mabrur, bangunlah kebersamaan solidaritas jamaah haji Kabupaten Batang budayakan silahturahmi dan untuk senantiasa saling tolong menolong, bantu membantu agar sukses dalam menjalankan ibadahnya ujar Noor Rosyid. Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Batang, Ketua DPRD Kabupaten Batang, perwakilan dari Polres Batang dan Perwakilan dari Kodim Batang, Kepala Badan/Dinas/Kantor dan Bagian di lingkungan Pemerintah Kab. Batang, Ketua MUI Kabupaten Batang, Ketua IPHI Kabupaten Batang, Para Petugas TPHI, TPIHI, TKHI dan TPHD Kabupaten Batang, Para Calon Jamaah Haji Kabupaten Batang.