Home / Berita / Seni dan Budaya / RUMAH KITA, BANGKITKAN SENIMAN BATANG BERKREASI SENI

Berita

Rumah Kita, Bangkitkan Seniman Batang Berkreasi Seni

Batang - Puluhan tahun mengalami vakum dalam berkreasi dengan karya seninya, kini "Rumah Kita Production" yang digawangi oleh seniman-seniman senior Batang bangkit untuk mewadahi pelaku seni millenial untuk berkaya.

Rumah Kita Production pertama kalinya dilauching dengan menggelar event karya seninya di Jalan Veteran Kabupaten Batang, Minggu (22/9/2019).

"Rumah Kita menjawab keresahan seniman yang ada di Batang, makanya kita membuat komunitas untuk menyatukan seniman dan budayawan untuk mempersentasikan generasi sebelumnya," kata Deni Kristiadi Saputra selaku panitia. 

Ia juga mengatakan, kegiatan pegelaran seni oleh Rumah Kita sudah dilakukan sejak tahun 1985, namun sejak tahun 2000 sempat berhenti dan kini kita bangkitkan kembali untuk mewadahi komunitas seni.

"Untuk malam ini kita tampilkan seni lukis, seni tari, seni musik dengan menampilkan berbagai grup band, untuk seni lukuisnya ada 20 seniman lukis mural, band sendiri ada 8 grup dari berbagai aliran musik dan band legendaris Batang," jelasnya.

Ia juga berharap anak - anak muda Batang bisa belajar tentang seni dan budaya, karena agenda ke depan ada workshop klinik kita.

Pelaku seni Batang Soni Agung yang mahir bermain gitar mengatakan, dulu tahun 1985 belum banyak orang bisa memainkan gitar, maka kita membuat komunitas dan menggelar festival band. 

"Festival band dulu sempat dicemooh oleh banyak orang bahkan sama sekali tidak dilirik, tapi malah mendapatkan sambutan yang luar biasa dari kabupaten tetangga yang akhirnya Batang menjadi barometer musik band yang setiap tahun menggelar festival," ujarnya.

Ketua Dewan Kesenian Daerah Tri Bakdo menyambut baik adanya Rumah Kita sebagai wadah pelaku seni di Batang yang menjadi angin segar bagi insan seni dan harus mendapatkan apresiasi dari Pemkab Batang. 

"Kesenian Batang sekarang tidak bermartabat, artinya kesenian hanya nempel di kegiatan expo, Agustusan dan di acara lain, tapi di sinilah seni menjadi bermartabat bisa tampil dengan sendirinya," jelasnya. 

Sementara, Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga Kabupaten Batang Supriyatno mengatakan medukung dengan adanya Rumah Kita, yang bisa menunjukan karya - karya seninya untuk warga Batang untuk menyambungkan Batang sebagai Heaven Of Asia. 

"Seniman Batang harus berkarya dan tunjukan seniman seniwati Batang mampu dan lahir menjadi seniman profesional yang tidak kalah dengan daerah lain," pintanya. (Humas Batang, Jateng/Edo)