Home / Berita / Pendidikan / SIDAK MEMBUAT SEKOLAH MAMPU MENDETEKSI PENYALAHGUNAAN NARKOBA

Berita

Sidak Membuat Sekolah Mampu Mendeteksi Penyalahgunaan Narkoba

Batang - Pihak sekolah yang mendapat "kunjungan" sidak oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Batang yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang, kini semakin mampu untuk mendeteksi sejak awal jika suatu ketika ditemukan penyalahgunaan narkoba oleh pelajar.
Hal itu dikemukakan oleh Kepala SMPN 1 Blado Suyatno, di ruang kerjanya SMPN 1 Blado Kabupaten Batang, Selasa (17/9/2019).

"Harapan kami bisa lebih mengetahui dan lebih dekat dengan anak-anak saya, sehingga kalaupun ada yang terlibat penyalahgunaan narkoba, bisa mengetahui lebih dini," pintanya.

Lebih lanjut, Suyatno menerangkan, langkah berikutnya pihak sekolah bekerja sama dengan guru Bimbingan Konseling untuk mengatasi penyalahgunaan narkoba. Disamping itu, keluarga siswa juga harus bekerja sama untuk mengatasinya, yaitu menjalin komunikasi dengan orang tua.

"Karena orang tua yang lebih banyak di rumah, sedangkan kami hanya beberapa jam di sekolah, setelah itu tanggung jawab ada pada keluarga," tuturnya.

Suyatno mengharapksn agar anak didiknya tidak mencoba sesuatu yang mungkin bisa membuat ketergantungan, karena dipengaruhi oleh teman.

"Perdalam dengan pemahaman keagamaan, karena dapat membentuk pendidikan karakter yang baik," pungkasnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala SMPN 1 Bandar, Sri Mulyani mengutarakan dukungannya terhadap langkah BNNK Batang, melakukan sidak kepada anak didiknya, supaya terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

"Saya malah terima kasih, sehingga kita sebagai guru juga tahu apakah tingkah laku anak-anak kita itu, di sekolah dengan di rumah sama atau tidak," ujarnya.

Bisa jadi lanjutnya, saat di berada di rumah baik-baik saja, tapi ternyata di sekolah tidak baik. Kemudian perilakunya di sekolah baik-baik saja, namun mungkin di rumah tidak terkontrol.

"Harapannya setelah adanya sidak ini, anak-anak jadi lebih mengetahui bahwa narkoba itu sangat bahaya," katanya. (MC Batang, Jateng/Heri)