Home / Berita / Kesehatan / PERCEPATAN ODF, DINKES BATANG BERIKAN BANTUAN JAMBAN

Berita

Percepatan ODF, Dinkes Batang Berikan Bantuan Jamban

Batang - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang melalui Puskesmas Batang I, memberikan bantuan jamban kepada 23 Kepala Keluarga saat Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Pendopo Proyonanggan Tengah, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Rabu (11/9/2019).

“Ini bantuan dari Dinas Kesehatan dalam rangka percepatan ODF (Open Defecation Free) atau Buang Air Besar Sembarangan (BABS),” kata Lurah Proyonanggan Tengah Kustiati.

Ia mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini agar warganya mengerti tentang ODF, untuk hidup sehat dan terhindar dari penyakit penyebab lingkungan

“Hal ini agar masyarakat mengerti tentang ODF supaya melaksanakan hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit,” ujarnya.

Ia mengharapkan di tahun 2020 warganya sudah bersih dari BABS dan diharapkan warga sudah memasang jamban dalam waktu satu bulan karena nanti akan kembali di monitoring.

“Harapannya setelah ini selesai warga sudah bersih tidak BAB sembarangan dan juga meningkat kesehatannya, setelah ini  kita akan cek diharapkan semuanya sudah terpasang”, imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Batang I Komarudin mengatakan bahwa tingkat kesadaran untuk tidak BABS warga sudah bagus dan mulai meningkat.

“Alhamdulillah sudah bagus kesadarannya ada peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Sedangkan, Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Bachtiar menyampaikan bahwa warga tidak hanya mendapat jamban saja, namun juga sudah disediakan semen, pasir, pipa paralon, dan lubang septictank.

“Kami disini ada stimulan jamban yang sifatnya perangsang untuk kekurangannya nanti diusahakan sendiri di rumah,” sambungnya. 

Selain menerima bantuan para warga juga dibekali materi tentang bahaya ODF (Open Defecation Free) atau Buang Air Besar Sembarangan dan hidup bersih agar terhindar dari penyakit lingkungan. (MC Batang, Jateng/Umar)