Home / Berita / Pariwisata / TAHUN 2020, BUPATI BATANG CANANGKAN JADI KABUPATEN PARIWISATA DAN INDUSTRI

Berita

Tahun 2020, Bupati Batang Canangkan Jadi Kabupaten Pariwisata dan Industri

Batang - Bupati Batang Wihaji, mencanangkan di tahun 2020 sebagai Kabupaten Industri dan Pariwisata, pasalnya di tahun itu Perubahan Peraturan Daerah RTRW akan disahkan secara resmi.

"2020 Batang sebagai Kabupaten Pariwisata dan Industri, karena kita memiliki potensi wisata yang luar biasa lengkap, dari alam sampai dengan wisata religi dan budaya," kata Bupati Batang Wihaji usai membuka Job Fair di SMKN Kandeman, Kabupaten Batang, Senin (26/8/2019). 

Kalau industri, lanjutnya, Pemkab sudah menyiapkan 3.500 hektar lahan yang akan menjadi kawasan industri, yakni di wilayah Kecamatan Kandeman, Tulis, Subah, Banyuputih dan Gringsing. 

"Batang memiliki sumber energi listrik PLTU 2x1000 MW yang pada tahun ini akan diuji coba, yang artinya ketersediaan energi untuk industri akan tercukupi," ujarnya. 

Bupati juga menjelaskan rencana pencanangan Batang menjadi Kabupaten Industri dan Pariwisata merupakan implementasi dari rencana jangka menengah daerah untuk memunculkan banyak investasi. 

"Dengan Investasi akan memunculkan industri yang akan menyerap banyak tenaga kerja, yang tentunya akan ada perputaran uang dan daya beli maka pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Batang akan naik," katanya. 

Sementara ini, lanjut Bupati kendala kita pada perubahan RTRW, sehingga memperlambat investasi, padahal ketertarikan investor ke Batang sangat tinggi. Hal ini terlihat puluhan investor sudah mengantri. 

"Oleh karena itu, masyarakat Batang harus bersiap diri dengan meningkatkan kemampuan SDMnya, agar tidak menjadi penonton di negeri sendiri. Namun, Pemkab berusaha agar perekrutan tenaga kerjanya memprioritaskan masyarakat Batang," pintanya.

Ia menyampaikan, semakin maraknya wisatawan yang berkunjung di Batang, maka banyak pula peluang usaha dibidang ekonomi kreatif, kesempatan ini harus kita tangkap dengan ide - ide kreatif dan inovatif. 

"Upaya Pemkab untuk mendukung tahun kunjungan wsiata dengan Heaven of Asianya, selain melakukan pembinaan kepada kelompok sadar wisata agar terus berbenah dan menambah fasilitas wahana wisaata," jelasnya.

Bupati juga menerangkan, Pemkab Batang melalui Dinas Tenaga Kerja sudah melatih pemuda untuk usaha di bidang ekonomi kreatif seperti desain grafis, pelatihan kuliner hingga pelatihan kerajinan tangan, dengan harapan mereka dapat menangkap peluang usaha. (Humas Batang, Jateng/Edo)